Jumat, 11 Januari 2013

STUDI SANAD HADIS




LAPORAN PENELITIAN


Tentang


STUDI SANAD HADIS













 

















Oleh:


HANDAYANI


310.006





Dosen Pembimbing:


Dr. LUKMANUL HAKIM, M.Ag


M. TAUFIK, M.A





JURUSAN PERBANDINGAN MAZHAB DAN HUKUM


FAKULTAS SYARIA’H


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI


IAIN IMAM BONJOL PADANG


1433 H / 2012 M


KATA PENGANTAR


Bismillahirrahmanirrahim


Segala puji bagi Allah, penolong kita dan Zat yang membawa kita dari kesesatan menuju petunjuk-Nya. Salawat dan salam untuk makhluk pilihan-Nya, Nabi Muhammad SAW, putra Abdullah. Dialah orang yang dipilih Allah untuk mengarahkan manusia dari alam kebodohan menuju jalan agama islam dengan izin Tuhannya yang Maha Mulia dan Maha Pengampun.


Semoga Rida Allah tetap menyertai semua sahabat yang telah memperoleh pelajaran dan pendidikan dari Nabi, sehingga jadilah mereka pemimpin yang mendapat petunjuk dan pemimpin dari semua pejuang.


Ampunan Allah untuk para Ulama salaf dan khalaf, yang telah meriwayatkan hadis-hadis Rasul, hanya didasarkan pada wahyu Allah dan menghafalkannya. Kemudian para Ulama datang untuk menakhrijkan (menunjukkan tempat) dalam berbagai kitab, di saat masyarakat perlu mengetahui tempat-tempat hadis dalam berbagai kitab hadis tersebut. Semoga Allah membalas mereka dengan balasan yang sangat utama, hingga hari kebangkitan di kemudian hari.


Laporan ini merupakan tugas akhir dalam mata kuliah Metodologi Penelitian Hadis. Terealisasinya laporan ini, dengan adanya usaha dan kerja keras penulis. Di samping itu dengan adanya motivasi dari orang tua, dosen pembimbing dan teman-teman yang seperjuangan dengan penulis. Oleh karena itu, penulis sangat berterima kasih kepada orang-orang yang telah memotivasi agar terselesaikannya laporan penelitian ini.


Seperti hal-Nya kami memohon kepada-Nya, semoga laporan ini bermanfaat bagi orang-orang yang menuntut ilmu, dan semoga Allah mencatat usaha penulisan dan keberhasilan laporan ini sebagai amal ikhlas hanya karena Zat Allah Yang Maha Mulia.

















BAB I


PENDAHULUAN


Hadis merupakan paduan bagi umat islam dalam mengerjakan segala sesuatu. Bagi siapa yang hanya berpedoman kepada al Qur’an semata –seperti para pengingkar sunnah, maka ia akan mengalami kesulitan dalam memahami ayat-ayat al Qur’an. Sebab tidak seluruhnya dijelaskan secara mendetail. Untuk itu, hadis sangat berperan dalam menjelaskan kandungan yang terdapat dalam al Qur’an. Maka, al Qur’an dan hadis Nabi adalah ruh bagi umat manusia, khususnya bagi umat islam.


Disamping itu, islam bukan agama yang hanya berisi perintah dan larangan bagi pemeluknya. Tetapi ia lebih merupakan tuntunan dan paduan hidup yang membawa kepada keselamatan hidup di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Kajian tentang pengetahuan agama islam pada dasarnya membicarakan dua hal pokok. Pertama, tentanga apa yang harus di yakini umat islam dalam kehidupannya. Pengetahuan tentang hal ini kemudian berkembang menjadi “Ilmu ‘Aqidah”. Kedua tentang apa yang harus diamalkan umat islam dalam kehidupannya. Pengetahuan tentang hal ini kemudian berkembang menjadi “Ilmu Syari’ah”.


Ilmu syari’ah pada dasarnya tentang materi perangkat ketentuan yang harus di laksanakan seorang muslim dalam usaha mencari kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Diantara ketentuan tersebut adalah masalah ibadah, mu’amalah, jinayah, siyasah dan masih banyak ketentuan lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berkecimpung dalam masalah ibadah terhadap diri sendiri, orang lain dan masyarakat umum. Contoh kecil yang sering kita apresiasikan terhadap diri sendiri adalah berzikir kepada Allah dengan menggunakan kalimat-kalimat thaiyyibah, seperti; Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar, Lailahaillallah.


Semua kalimat-kalimat thayyibah tersebut mempunyai ganjaran pahala yang berbeda-beda bagi siapa saja hamba Allah yang membacanya. Sangat banyak dikatakan dalam hadis Rasulullah, “siapa yang membaca kalimat Subhanallah sebanyak seratus kali setiap hari maka pahalanya seperti ini……”


Beranjak dari permasalahan di atas, yang menjadi pembahasan dalam laporan ini adalah bagaimana kualitas sanad hadis dalam masalah zikir ini, apakah semua sanadnya bersambung atau ada yang hilang sanadnya. Maka disini penulis akan mentakhrij sanad dari hadis yang telah ditentukan.


BAB II


PEMBAHASAN


A.    Hadis yang akan ditakhrij


Adapun potongan hadis yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah:





من قا ل لا اله الا الله وحده لاشريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو علي كل شيء قدير، في يوم مائة مرة كان له عدل عشر رقاب وكتبت له مائة حسنة ومحيت عنه مائة سيئة وكان له حرزا من الشيطان بيومه ذلك حتي يمسي


Setelah memperoleh hadis tersebut, langkah pertama yang dilakukan adalah melacaknya dalam kitab al-Mu’jam al Mufaharas li Aalfaz al Hadis al Nawawi. Dalam hal ini kata yang dipilih untuk mencari hadis tersebut adalah kata حرزا. Maka dengan kata حرزا, mu’jam memberikan informasi bahwa hadis tersebut terdapat dalam enam kitab.


B.     Koleksi Hadis.





Setelah mendapatkan informasi dari mu’jam dan, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah melihat ke kitab sebagai sumber aslinya. Adapun hadis-hadis tersebut diklasifikasikan berdasarkan nama kitabnya :


1.      Sunan Tirmidzi: Kitab Do’a, hadis yang ke 3468


حدثنا اسحق بن موسي الانصاري، حدثناا معن حدثنا مالك عن سمي عن ابي صالح عن ابي هريرة ان رسول الله صلي الله عليه وسلم قال : ((من قا ل لا اله الا الله وحده لاشريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو علي كل شيء قدير، في يوم مائة مرة كان له عدل عشر رقاب وكتبت له مائة حسنة ومحيت عنه مائة سيئة وكان له حرزا من الشيطان بيومه ذلك حتي يمسي ولم يات احد بافضل مما جاء به الا احد عمل اكثر من ذلك)) وبهذا الاسناد عن النبي صلي الله عليه وسلم [قال] :  ((من قا ل سبحان الله وبحمده مائة مرة حطت خطاياه وان كانت اكثر من زبد البحر)) قال . هذا حديث حسن صحيح





2.     Muwattha’: Kitab Bacaan


حدثني يحيي، عن مالك، عن سمي مولي ابي بكر، عن ابي صاله السمان، عن ابي هريرة، ان رسول الله صلي الله عليه وسلم قال : ((من قال لااله الا الله، وحده لاشريك له، له الملك، وله الحمد، وهو علي كل شيء قدير في يوم مائة مرة، كا نت له عد ل عشر رقاب، وكتبت له مائة حسنة، ومحيت عنه مائة سيئة، وكا نت له حرزا من الشيطان يومه ذلك، حتي يمسي، ولم يات احد بافضل مما جاء به الا احد عمل اكثر من ذلك)).


3.    Sunan Ibnu Majah


حد ثنا ابو بكر,حد ثنا الحسن بن موسى , حدثنا حماد بن سلمة عن سهيل بن ابي صالح , عن ابيه,عن ابي عباش الزرقي,قال:قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :من قال حين يصبح لااله الا الله وحده لا شريك له,له الملك وله الحمد وهو على كل شىءقدير. كان له عدل رقبة من ولد اسمعيل. وحط عنه عشرخطئات, ورفع له عشر درجات, وكان في حرزمن الشيطان حتى يمسى, واذا امسى, فمثل ذلك حتى يصبح   


4.    Shahih Bukhari: Kitab Bida al Khuluq: juz 3, hadis yang ke 1198 dan Kitab Do’a: juz 5, hadis yang ke 2351.


حدثنا عبد الله بن يوسف أخبرنا مالك عن سمي مولى أبي بكر عن ابي صالح عن ابي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ( من قال لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على شيء قدير . في يوم مائة مرة كانت له عدل عشر رقاب وكتبت له مائة حسنة ومحيت عنه مائة شيءة وكانت له حرزا من الشيطان يومه ذلك حتى يمسي ولم يأت أحد بأفضل مما جاء به إلا أحد عمل أكثر من ذلك


حدثنا عبد الله بن مسلمة عن مالك عن سمي عن أبي صالح عن أبي هريرة رضي الله عنه


: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال ( من قال لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير . في يوم مائة مرة كانت له عدل عشر رقاب وكتبت له مائة حسنة ومحيت عنه مائة سيئة وكانت له حرزا من الشيطان يومه ذلك حتى يمسي ولم يأت أحد بأفضل مما جاء به إلا رجل عمل أكثر منه )


5.    Shahih Muslim: Kitab Dzikir: juz 4, hadis yang ke 2071.


حدثنا يحيى بن يحيى قال قرأت على مالك عن سمي عن أبي صالح عن أبي هريرةأن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من قال لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير في يوم مائة مرة كانت له عدل عشر رقاب وكتبت له مائة حسنة ومحيت عنه مائة سيئة وكانت له حرزا من الشيطان يومه ذلك حتى يمسي ولم يأت أحد أفضل مما جاء به إلا أحد عمل أكثر من ذلك ومن قال سبحان الله وبحمده في يوم مائة مرة حطت خطاياه ولو كانت مثل زبد البحر





6.    Musnad Ahmad Bin Hanbal





C.    Ranji Sanad Hadis


























D.    Meneliti ke-shahih-an Sanad Hadis


Dalam penelitian ini penulis melakukan kritik terhadap sanad hadis, sedangkan dari segi matn hadis penulis belum melakukan kritikan. Sebab, kita tidak mengetahui apakah matn hadis itu shahih atau tidak, tentu terlebih dahulu diteliti jalur sanad (periwayat)nya masing-masing, sekurang-kurangnya satu jalur periwayat.


Adapun yang menjadi objek penelitian dari ke enam kitab di atas adalah dari jalur Ibnu Majah. Di dalam Sunan Ibnu Majah, terdapat enam periwayat yang menghubungkan antara Rasulullah SAW. dengan mukharij, Ibnu Majah. Untuk lebih lanjut, penulis kemukakan urutan periwayat dan urutan sanad yang berasal sumber aslinya:











No


Nama Periwayat


Urutan Sebagai Periwayat


Urutan Sebagai Sanad


1


Abi ‘Abbas Az Zuraqi


Periwayat I


Sanad VII


2


Abihi


Periwayat II


Sanad VI


3


Suhail bin Abi Sholih


Periwayat III


Sanad V


4


Hammad bin Salamah


Periwayat IV


Sanad IV


5


Hasan bin Musa


Periwayat V


Sanad III


6


Abu Bakar


Periwayat VI


Sanad II


7


Ibnu Majah


Periwayat VII


Sanad I






Dalam penelitian ini, digunakan unsur-unsur kaedah mayor dan kaedah minor ke-shahih-an sanad hadis yang telah ditelaah oleh Syuhudi Ismail dari pendapat jumhur ulama hadis. Menurut jumhur ulama hadis (muhadditsin), unsur kaedah mayor ke-shahih-an ­sanad hadis adalah :


  1. Sanad bersambung

  2. Periwayat bersifat ‘adil

  3. Periwayat bersifat dhabith

  4. Terhindar dari syudzudz

  5. Terhindar dari ‘Illat



Adapun Syuhudi Ismail memasukan dua kaedah mayor terakhir (terhindar dari syudzudz dan terhindar dari ‘illat) ke dalam kaedah minor, sehingga ia menjadi rincian dari kaedah mayor yang ketiga yaitu periwayat bersifat dhabith. Dengan demikian, menurut Syuhudi Ismail unsur-unsur kaedah mayor ke-shahih-an hadis adalah : sanad bersambung, periwayat bersifat ‘adil dan periwayat bersifat dhabith dan atau dhabith plus (Tamm al Dhabth).[1]


Untuk meneliti masing-masing periwayat, penulis menggunakan sumber primer, diantaranya adalah : Tahzib al Kamal fi Asma’ al Rijal karya al Mizzi dan buku pendukung Ilmu Hadis dan Ushul Hadis.


            Dalam penelitaian ini, penulis tidak mengkaji Ibnu Majah sebagai mukharijnya, karena telah memiliki karya besar dalam disiplin Ilmu Hadis yang berjudul Kitab As Sunan yang kategorinya termasuk dalam kutubussittah. Dia telah menunjukkan kitab tersebut kepada Abu Zar’ah. Setelah Abu Zar’ah melihatnya, dia mengagumi dan berkata “menurutku jika kitab ini telah sampai di tangan orang-orang, maka kitab Jami’ atau kebanyakan kitab lainnya tidak akan terpakai.”Pendapat ibnu Thahir dan Hafizh Abdul Gani Al Maqdisi mendahulukan dari Kitab Muwattha’ Imam Malik karena dalam Sunan Ibnu Majah banyak zawa’id yaitu banyak hadis yang tidak terdapat pada kitab lain.


Maka yang diteliti adalah periwayat sebelum Ibnu Majah, Abu Bakar bin Abi Syaibah,  sebagai periwayat ke VII dan sebagai sanad I, dan seterusnya sampai ke periwayat pertama. Untuk lebih lanjut akan dikaji atau diteliti masing-masing periwayat yang terdapat dalam kitab Ibnu Majah.


a.      Abu Bakar


1.      Nama lengkapnya adalah Abu Bakar bin Hafs bin Umar Ubuliyyu  Al Bashri.


2.      Guru dan muridnya dalam bidang periwayatan hadis cukup banyak. Di antara gurunya bernama Abu Bakar bin Ayyas, Hasan bin Musa Al Usyaibah. Begitu juga muridnya banyak yang meriwayatkan darinya antara lain Nasa’i, Ibnu Majah.[2]


3.      Penilaian ulama terhadapnya:


Adapun Sighat al Tahamul wa al Ada’ al Hadis, yang digunakannya dalam menerima hadis dari gurunya –Ibn Majah-- dengan metode sama’ (haddatsana) dapat dipercaya. Itu berarti bahwqa sanad antara Abu Bakar dan Hasan bin Musa bersambung (muttashil).


b.      Hasan bin Musa


1.      Nama lengkapnya  Hasan bin Musa Al Usyaibah (Qadhi Tabrastani)


2.      Gurunya antara lain, Ibrahim bin Sa’ad Az Zuhri, Jarir bin Hazam, Hammad bin Zaid, Hammad bin Salamah, Abu Halal Muhammad bin Sulaim Ar Rasibi.


3.      Muridnya antara lain,  Ahmad bin Hanbal, Ibrahim bin Musa Ar Razi, Abu Bakar Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah, ’Abdu bin Humaid.


4.      Penilaian Ulama terhadapnya:


v  Kata Usman bin Sa’id Ad Darimi dari Yahya bin Ma’in adalah Tsiqah


v  Kata Abu Hatim dari ‘Ali bin Madani adalah tsiqah


v  Kata Mufaddol bin Gassan Al Ghalabi dari Yahya adalah lam Yakun bihi ba’sa.[3]


Adapun sighat Tahammul Wal Ada al Hadis dengan metode sama (haddatsana). Berarti hadisnya dapat dipercaya.





c.       Hammad bin salamah


1.      Nama lengkapnya Abu salamah bin Abu Sakrata maula Rabi’ah bin Malik bin Hamazhalata dari Bani Tamim


2.      Gurunya antara lain, Hammad bin Abi Sulaiman, Abi Hattab Humaid bin Yazid, Suhail bin Abi Sholih, Abi Minhal Sayyar bin Salamah.


3.      Muridnya antara lain, Hasan bin Musa Al Usyaibah


4.      Penilaian Ulama terhadapnya:


v  Kata Abu Thalib dari Ahmad bin Hanbal adalah ”Asbitun nas fi hamid thowil”[4]


Adapun Shighat Tahammul Wal Ada’ Al Hadis dari Hammad bin Salamah kepada Hasan bin Musa menggunakan shighat Haddatsana (metode sama’). Ini merupakan metode yang dapat dipercaya, berarti sanad dari Hammad kepada Hasan bersambung (muttashil).





d.      Suhail bin Abi Sholih


1.      Nama lengkapnya Suhail bin Abi Sholih, Dipanggil juga Abu Yazid Al Madani. Ayahnya bernama Zakwan As saman Az Zayyad.


2.      Gurunya antara lain, Habib Bin Hasan Al Kufi, Al Haris bin Mukhollad Al Anshori Az Zuraqi, dia juga menerima hadis dari Ayahnya Zakwan As Saman Az Zayyad.


3.      Muridnya antara lain, Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad Al Fazari, Ismail bin Ja’far , Ismail bin Zakariya, Hammad bin Salamah.


4.      Penilaian Ulama terhadapnya:


v  Harb bin Ismail dari Ahmad bin Hanbal berkata:


ما اصلح حديث


v  Tirmidzi dari Sufyan bin Uyainah berkata:


ثبتا في حديث


v  Abu Hatim mengatakan: يكتب حديثه ولا يحتج به


v  Abbas Ad Duwari dari Yahya bin Ma’in mengatakan bahwa Suhail dan Al ‘Ala’ Abdurrahman ليس حديثهما بحجة[5]


Dapat di lihat bahwa penilaian terhadap Suhail bin sholih ada yang men-jarh dan ada yang men-ta’dil. Sedangkan shigat yang digunakan Hammad dengan Suhail adalah kata ‘An. Walaupun begitu sanadnya tetap bersambung.





e.       Zakwan As Saman


1.      Nama lengkapnya Zakwan As Saman Az Zayyat Al Madani


2.      Gurunya antara lain, Ishaq bin Zaidah, Jabir bin Abdulllah, Sa’id bin Jubair, Sa’ad bin Abi Waqqas, Ibn Abi Ayyas atau Abi Ayyas.


3.      Muridnya antara lain, Ibrahim bin Abi Maimunah, Hakim bin Jubair, Suhail bin Abi sholih.


4.      Penilaian Ulama terhadapnya:


v  Abdullah bin Ahmad bin Hanbal dari Ayahnya berkata dia adalah Tsiqah tsiqah


v  Abu Zur’ah mengatakan “مستقيم الحديث


v  Abu Hatim mengatakan [6]صا لح الحديث يحتج بحديث


Adapun Sighat Tahammul Wa Ada’ Al Hadis Suhail dengan Ayahnya adalah ‘An. Walaupun begitu sanadnya tetap bersambung. Di samping itu, Zakwan merupakan orang yang terhindar dari jarh, dan hadis yang datang darinya dapat dipercaya.





f.       Abi Ayyas Al Zuraqi


Ada yang menamakan Ibn Abi ayyas, Ibn Ayyas. Dia lansung menerima hadis dari Rasulullah tentang hadis yang terdapat dalam Sunan Ibn Majah ini. Hadis ini disampaikan kepada Zakwan As Saman dengan sighat Tahammul Wal Ada’ Al Hadis menggunakan kata ‘An, dan baru kemudian Suhail menerima hadis tersebut lansung dari Ayahnya dengan sighat ‘An. Walaupun dengan metode Mu’an’an sanadnya tetap bersambung.[7]






































BAB III


PENUTUP


1.      Kesimpulan


Dari penelitian di atas dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu :


1.      Sanad  hadis; memenuhi unsur kaedah mayor dan minor ke-shahih-an hadis, yaitu muttashil, marfu’. Masing-masing periwayat bersifat adil tetapi juga ada yang kena jarh.


2.      Hadis yang diriwayatkan Ibn Majah, melalui Abu Bakr adalah Hasan. Memang semua sanad bersambung, tetapi ada yang terkena jarh, dan ini menjadikan hadis tersebut cacat.





3.      Saran


Untuk peneliti berikutnya, penulis menyarankan agar meneliti seluruh jalur sanad terutama yang belum diteliti dalam penelitian pratikum hadis ini. Agar dapat dilakukan dengan lebih kritis dan mendalam.
























































DAFTAR PUSTAKA


Abu Daud, Al Hafizh, Sulaiman ibn al Sijistani al Azdi, Sunan Abi Daud, Indonesia : Maktabah Dahlan, t.th.





Ahmad, Abu ‘Abd Allah…ibn Muhammad ibn Hanbal ibn Hilal ibn Asad al Syaibani al Maruzi al Baghdadi, Musnad Ahmad ibn Hanbal, t.tp. : Dar al Fikr, t.th.





‘Ajjaj al-Khathib, Muhammad, Ushul al Hadits ‘Ulumuh wa Mushtalahuh, Bairut : Dar al Fikr, 1987





Ismail, M. Syuhudi, Kaedah Keshahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan lmu Sejarah, Jakarta : Bulan Bintang, 1995 





………,  Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Jakarta : Bulan Bintang, 1992





Al Mizziy, Al-Hafizh Jamal al-Din Abi al-Hajjaj Yusuf, Tahzib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal, Bairut : Dar al-Fikr, 1494





Al Tirmidzi, Abu ‘Isa Muhammad ibn ‘Isa ibn Surah, Sunan al Tirmidzi, Bairut : Dar al Fikr, 1994





Al Thahhan, Mahmud, Taisir Mushthlah al-Hadis, t.tp. : Dar al-Fikr, t.th.





A. J. Winsinck, Al-Mu’jam al-Mufahras Li Alfaz al-Hadits al-Nawawi, Laiden : A. J. Brill, 1936










[1] M. Syuhudi Ismail, kaedah Keshahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan denagan Pendekatan lmu Sejarah, (Jakarta : Bulan Bintang, 1995), cet. II, h. 151 







[2] Al Mizzi, Tahdzib Al Kamal, juz 21, h. 65




[3] Al Mizzi, Tahdzib Al Kamal , juz 4, h. 438




[4] Ibid, juz 5, h. 175




[5] Al Mizzi, Tahdzib Al Kamal, juz 8, h. 192-194




[6] Al Mizzi, Tahdzib Al Kamal, juz 9, h. 83




[7] Ibid, juz 21



0 komentar:

Posting Komentar