BAB
I
PENDAHULUAN
Sejarah adalah suatu rujukan saat
kita akan membangun masa depan, namun kadang kadang orang malas untuk melihat
sejarah. Sehingga orang cenderung berjalan tanpa tujuan dan mungkin mengulangi
kesalahanyang sama dengan masa lalu. Disilah sejarah berfungsi sebagai cerminan
bahwa di masa silam telah terjadi sebuah kisah yang patut lita pelajari untuk
merancang masa depan.
Dalam memahami sejarah yang dituntut berpikir kritis. Sebab sejarah
bukan sebuah barang mati yang tidak
dirubah. Akan tetapi sejarah bisa saja dirubah kisahnya oleh seorang penulis
sejarah. Nalar kritis kita tuntut nutuk mampu sejarahdan membandingkan dengan
pendapat lain. Saat kita sudah mampu untuk mengimak tabir sejarah dari
berbagai sumber, barulah kita dapat
melalukan rekontruksi sejarah.
Rekontruksi sejarah perlu di
lakukan agar kita dapat memisahkan antara Arab dengan perdaban Islam. Sebab
kita sering memakan mentah-mentah peradaban yang datang dari Arab sebab
semuanya dianggap sebagai peradaban islam. Langkah ini agar kita tidak hanya
sekedar ῞bangga” dan larut dalam historisme yang sering kali “menjebak”pemikiran
progressif kita.
BAB 11
PEMBAHASAN
ISLAM
DI ANDALUSIA 11(PASCA B.UMAIYAH)
1. SPANYOL
DIMASA MULUK THAWA’IF
Khalifah 11 (350-3660/961-976M)
terpandang khalif terpandang yang
berwibawa sepanjang sejarah daulat umayyah di andalusia. Ia di dampingi oleh
seorang militer perkasa MULK-al-Manshur, yang menjabat kekuasaan. Pada masa itu
wilayah kerajaan-kerajaan setempat pihak kristen pada belahanutara itu menciut
karena tindakan tindakan pengamanan pembatasan oleh panglima yang perkasa itu.[1]
Pada periode ini, spanyol terpecah
menjadi kurang lebih 30 (tiga puluh)negara kecil dibawah pemerintahan raja-raja
golongan atau disebut dengan AL-Muluk al tawaif (petti states) . Demi
mempertahan kekuasaan, dinasti dinasti ini meminta bantuan kepada orang kristen
dibagian utara untuk mengerang dinasti islam lainya. Peristiwa ini menjadi
tanda tanya bagi kita bersama, kenapa umat islam yang peran saudara mau meminta
bantuan kepada orang yang non musliam???, ini akan menjadi ancaman yang lebih
besar bagi kekacauan umat islam sendiri. Ini disebabkan karena islam di spanyol
sudah lemah, karena mereka saling berperang antara kelompok barbar, sicilia dan
Arab yang sama sama islam.[2]
Pada masa muluk al tawaif ini,
islam kembali memasuki masa pertikaian intern. Melihat kelemahan dan kekacauan
yang menimpa keadaan polotik islam itu, orang orang kristen mulai mengmbil
inisiatif pengerangan dalam usaha melakukan gerakan “reconqusta”. Meskipun
kehidupan politik tidak stabil , namun kehidupan intelektual terus berkembang
pada periode ini. Istana istana mendorong para sarjana dan sastrawan untuk
mengembagkan ilmunya. Mereka mendapatkan dari satu istana ke istana lainya.
2. SPANYOL
DI MASA MURABITHUN DAN MUWAHHIDUN
a. Masa
Periode Murabitun(1086-1149m.
·
Latar Belakang
Berdirinya Dinasti Murabitun
Murabitun berasal dari salah satu
kabilah Barbar Lamtunayang merupakan cabang kabilah terbesar dari suku
Sanhajah, keturunan bangsa arab dari kabilah Himyar yang datang yaman. Mereka
tinggal berkelompok-kelompok. Kelompok ini merupakan perkumpulan keagamaan yang
tinggal di gubuk gubuk (kemah-kemah)di bagian gurun sahara. Perkumpulan ini
pimpin oleh Yahya bin Ibrahim .
Secara istilah murabitun adalah
kelompok terekat yang bertujuan pada mulanya untuk menumpas kejahatan yang
terjadi pada masyarakat. Pada perkampungan murabitun ini hukum islam
dilaksanakan sesuai denagn mazhab Maliki yang keras, tetapi berpegang teguh
kepada al-Qur’an dan sunnah. Mereka sangat patuh meninaikan ajaran agama islam
dan agresif dalam bertindak, sehingga orang orang barbar dan negro yang tidak
sesuai dengan ajaranyang mereka anut, mereka jalankan perng suci.[3]
·
Kemajuan Dinasti
Murabitun
Pada masa ini kemajuanya antara
lain yaitu:
v Pada
masa ini dibangun kota Marakesy sebagai ibu kota dinasti ini dan merupakan
pusat pendidikan orang orang suci(murabitun).
v Penaklukan
yang dilakukan dengan motif jihad , terutama pada masa Yusuf ibn Tasyfudin, sehungga
ia dapat mempertahankan wilayah islam dari kekuasaan orang orang kristen
dispanyol yaitu dari tangan Alfonso 6.
v Dispnyol
didirikan kota Isybiliyah dekat Seville sebagai tandingan kota cordova .
v Pengiaran
islam di afrika Utara yang biasanya belum mencapai daerah daerah pedalaman
Sahara, maka pada dinasti murabitun ini islam telah sampai kedaerah
tersebut. jasanya yang terbesar adalah
membawa ajaran islam jauh kepedalaman gurun sahara di afrika.[4]
A. Masa
Periode Dinasti Muwahhidun
·
Asal Usul Muwahhidun
Gerakan muwahhidun bermula di
pegunungan atlas tinggi pada sekitar 1121. Gerakan ini pimpin oleh seorang
cendikiawan yang bernama Muhammd ibn tumart, seorang berber dari suku masmuda,
yang kemudian di kenal sebagai al-Mahdi yang berarti diberi petujuk’. Setelah
menunaikan ibadah hajji ke mekkah dia tetap tinggal timurdan mempelajari
pikiran pikiran al-Ghazali,suffi agung persia , dan al-Asy’ari di bagdad dan
damaskus.
·
Kemajuan-Kemajuan
Dinasti Muwahhidun.
Dinasti muwahhidun merebut kekuasaan
murabitun di Marakesh pada tahun 1147, kemudian segera merebut Sevlle dan
cordova pada tahun1149, dan seluruh wilayah spanyol yang lainya pada tahun
1172m. Dalam pemerintahan Muwahhidun , kedudukan Muslim tetep saja dalam
disentgrasi di bawah paduan antara tekanan pihak kristen dan anti anarki
regional.
Tetapi akhirnya muwahhidun dapat di
kalahkan oleh tentara pasukan gabungan Leon,Castile,Navarre Arragon dalam
perang Ls navas de Tolosa. Dengan kekalahan muwahhidun negara negra islam
spayol kembali menjadi indenpenden tetapi mereka mwnjadi tidak berdaya
menghadapi gerakan reconqusta yang di lancarkan pihak kristen.[5]
3. KERAJAAN
BANI AHMAR DAN LENGAPNYA KEKUASAAN ISLAM
DI SPANYOL
Sejak tahun 1248M, Spnyol kecuali
Granada lepasdari kekuasaan islam. Granada di bawah kekuasaan Bani Ahmar
(1232-1492 M).Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti di zaman Abdurahman
An-nasir. Akan tetepi secara polotok, dinasti ini hanya berkuasa di wilayah
kecil. Kekuasaan islam yang merupakan prtahanan terakhir di spanyol ini
berekhir karena [erselisihan orang orang istana dalam perebutan kekuasaan. Abu
abdullah Muhammad merasakan kepada ayahnya
karena menujuka anaknya yang lain sebagai penggantinya menjadi raja .[6]
Dia memberontak dan merampas kekuasaan. Dalam pemberontakan itu, ayahnya
terbunuh da di gantikan oleh Muhammad ibn sa’ad. Abdullah kemudian meminta
bantuan kepada fardenand dan isebella untuk menjatuhkan nya. Duapenguasa
kristen ini dapat mengalahkan penguasa yang sah dan abdullah naik tahta.
Tentus saja, Ferdinand dan Isebella
yang mempersatukan dua kerajaan besar kristen melalui perkawinan itu tidak
cukup merasa puas. Kuduanya ingin merebut kekuasaan terakhir umat islam di
spanyol. Abu Abdullah tidak kuasa menahan serangan orang orang kristen tersebut
dan pada akhirnya menagaku kalah. Ia mengerahkan kekuasaan kepada Ferdenand dan
Isebella, kemudian hijrahnya ke afrika utara. Denagn demikian , berkhirlah
kekuasaan islam di spanyol tahun 1492. Umat islam setelah itu di hadapkan kepada
dua pilihan, masuk kristen ataub pergi meningglkan spnyol. Pada tahun 1609m,
boleh di katakan tidak ada lagi umat islam di daerah ini. [7]
4. TRAGEDI
INKUISISI DAN PEMUSNAHAN ISLAM DI SPANYOL
a. Komflik
Islam dengan Kristen
Para penguasa muslim tidak melakukan
islamisasi secara sempurna. Mereka merasa puas dengnan hanya menagih upeti dari
kerajaan-kerajaan kristen tahlukkanya dan membiarkan mereka mempertahankan
hukum dan adat mereka. Termasuk posisi hirarki tradisional, asal tidak ada
perlawanan bersenjata . namun demikian, kehadiran Arab islam telah memperkuat
rasa kebangsaan orang orang spnyol kristen. Hal ini mengebabkan kehidupan
negara islam spanyol tidak pernah berhenti dari pertentangan antara islam dan
kristen. Pada abd ke11m umat kristen memproleh kemajuan pesat, sementara umat
islam sedang mengalami kemunduran.
b. Tidak
adanya Idieologi Pemersatu
Disana para mukalaf diberlakukan
sebagai orang yang sederajat, di spanyol . Sebagaimana polotik yang di
jalankan bani Umayyah di damaskus,
orangorang arab tidak pernah menerima orang orang pribumi. Hal ini mendatangkan
dampak besar terhadapsejarah sosio-ekonomi negri tersebut. Hal ini menunjukan
bahwa tidak adanya idiologo untuk memberi makna persatuan, di samping tidak
adanya figur yang dapat menjadi personifiksi idiologi itu.
c. Kesulitan
ekonomi i
Diparuh kedua islam di spanyol,
para penguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat
serius., sehingga lalai dalam membina perekonomia. Akibatnya timbul kesulitan
ekonomi yang amat memberatkan dan mempengaruhi kondisi politik dan militer.
d. Tidak
Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
Hal ini mengebabkan perebutan
kekuasaan di antara ahli waris . bahkan karen inilah kekuasaan bani umayyah
runtuh dan muncul Muluk al tawaif. Granada yang merupakan pusat kekuasaan islam
terakhir di spnyol jatih ketangan ferdinand dan isebella di antaranya juga di
sebabkan pemasahan ini.
e. Keterpencilan
Spanyol islam bagaikan terpencil
dari dunian islam yang lain. Ia selalu berjuang sendirian, tanpa mebdapatkan
bantuan kecuali afriaka utara. Dengan demikia, tidak ada kekuatan alternatifnya
yang mampu membendung kebagkitan kristen disana.
Sehingga secara berlahan lahan
islam di sana goyah dan akhirnya hilang dan misnah. [8]
5. WARISAN
ISLAM DI SPANYOL DAN PENGARUNYA TERHADAP SEJARAH DUNIA
Kemajuan yang terus berkembang
hingga saat ini seperti eropa banyak berhutang budi kepada khazanah ilmu
pengetahuan islam yang berkembang di periode khalasik.ini merukan suatu warisan
yang di tinggalkan islam dislam di spanyol . dan memang spanyol merupakan
tempat yang paling itama bagi eropa mengerap oeradaban islam, baik bentuk hubungan
politik , sosial, maupun perekonomian, dan peradaban antar negara. Orang orang
yang mengaksikan kenyataan bahwa Spanyolberada dibawah kwkuasaan islam jauh
meniggalkan negara negara tetangganya eropa., terutama dalam bidang pemikiran
dan sains di samping bangunan fisik. [9]
Penagaruh ilmu pengetahuan islam di
dunia seperti eropa, yang sudah berlangsung sejak abdke-12M itu menimbulkan
gerakan kebangkitan kembali pusaka yunanidi eropa pada abad ke-14M .
Berkembanganya pemikioran yunani kali ini adalah melalui terjemahan terjemshsn arab yang di pelajarin dan
kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa latin. [10]
DAFTAR
PUSTAKA
Yatim,
Badri, Dr,M .A, Sejarah
kebudayaan islam, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada,
2004.
Thomson,
Ahmad, sejarah peradaban islam, Jakarta:Gaya Garamedia Pratama.
2004.
Sou’yb,Yoseuf,
Kekuasaan islam Diandalusia, Jakarta: Madju
1984.
Harun, Maidir, Sejarah peradaban islam, Padang:
IAIN-IB Press
2002.
http/abbas85.wordobpres.com/2008/03/17/perkembangan
–islam-dinasti-umayyah/
[1] Harun,Maidr, Prof, Sejarah peradabab islam, (Padang:IAIN-IB Pres,
2002) hlm,132.
[2] Ibid, hlm,93
[3] Yoesoef Sou’yb,kekuasaan islam di andalusia(jakarta:madju,1984)hlm,17
[5] Ibid,hlm,121.
[6]Yoesof Sou’yb,Kekuasaan islam di andalusia (jakarta:Madju,1984)hlm 248
[7] Ibid,hlm, 255
[8] Thomson, Ahmad, Andalusia(Pamulang:GAYA Media Pratama) hlm,15
[9] Yatim, badri,Dr, M, A, SEJARAh Peradaban islam,( jakarta: Pt Gravindo
Persada),hlm 107
[10] Ibid,hlm 100
ISLAM DI ANDALUSIA 11(PASCA B.UMAIYAH)