Jumat, 11 Januari 2013

ISLAM DI ANDALUSIA 11(PASCA B.UMAIYAH)


                                                                        BAB I
PENDAHULUAN
Sejarah adalah suatu rujukan saat kita akan membangun masa depan, namun kadang kadang orang malas untuk melihat sejarah. Sehingga orang cenderung berjalan tanpa tujuan dan mungkin mengulangi kesalahanyang sama dengan masa lalu. Disilah sejarah berfungsi sebagai cerminan bahwa di masa silam telah terjadi sebuah kisah yang patut lita pelajari untuk merancang masa depan.
Dalam memahami sejarah  yang dituntut berpikir kritis. Sebab sejarah bukan sebuah barang  mati yang tidak dirubah. Akan tetapi sejarah bisa saja dirubah kisahnya oleh seorang penulis sejarah. Nalar kritis kita tuntut nutuk mampu sejarahdan membandingkan dengan pendapat lain. Saat kita sudah mampu untuk mengimak tabir sejarah dari berbagai  sumber, barulah kita dapat melalukan rekontruksi sejarah.
Rekontruksi sejarah perlu di lakukan agar kita dapat memisahkan antara Arab dengan perdaban Islam. Sebab kita sering memakan mentah-mentah peradaban yang datang dari Arab sebab semuanya dianggap sebagai peradaban islam. Langkah ini agar kita tidak hanya sekedar ῞bangga” dan larut dalam historisme yang sering kali “menjebak”pemikiran progressif kita.







                                                           

BAB 11
                                                   PEMBAHASAN
ISLAM DI ANDALUSIA 11(PASCA B.UMAIYAH)

1.      SPANYOL DIMASA MULUK THAWA’IF
Khalifah 11 (350-3660/961-976M) terpandang khalif terpandang  yang berwibawa sepanjang sejarah daulat umayyah di andalusia. Ia di dampingi oleh seorang militer perkasa MULK-al-Manshur, yang menjabat kekuasaan. Pada masa itu wilayah kerajaan-kerajaan setempat pihak kristen pada belahanutara itu menciut karena tindakan tindakan pengamanan pembatasan oleh panglima yang perkasa itu.[1]
Pada periode ini, spanyol terpecah menjadi kurang lebih 30 (tiga puluh)negara kecil dibawah pemerintahan raja-raja golongan atau disebut dengan AL-Muluk al tawaif (petti states) . Demi mempertahan kekuasaan, dinasti dinasti ini meminta bantuan kepada orang kristen dibagian utara untuk mengerang dinasti islam lainya. Peristiwa ini menjadi tanda tanya bagi kita bersama, kenapa umat islam yang peran saudara mau meminta bantuan kepada orang yang non musliam???, ini akan menjadi ancaman yang lebih besar bagi kekacauan umat islam sendiri. Ini disebabkan karena islam di spanyol sudah lemah, karena mereka saling berperang antara kelompok barbar, sicilia dan Arab yang sama sama islam.[2]
Pada masa muluk al tawaif ini, islam kembali memasuki masa pertikaian intern. Melihat kelemahan dan kekacauan yang menimpa keadaan polotik islam itu, orang orang kristen mulai mengmbil inisiatif pengerangan dalam usaha melakukan gerakan “reconqusta”. Meskipun kehidupan politik tidak stabil , namun kehidupan intelektual terus berkembang pada periode ini. Istana istana mendorong para sarjana dan sastrawan untuk mengembagkan ilmunya. Mereka mendapatkan dari satu istana ke istana lainya.
2.      SPANYOL DI MASA MURABITHUN DAN MUWAHHIDUN
a.       Masa Periode Murabitun(1086-1149m.         
·         Latar Belakang Berdirinya Dinasti Murabitun
Murabitun berasal dari salah satu kabilah Barbar Lamtunayang merupakan cabang kabilah terbesar dari suku Sanhajah, keturunan bangsa arab dari kabilah Himyar yang datang yaman. Mereka tinggal berkelompok-kelompok. Kelompok ini merupakan perkumpulan keagamaan yang tinggal di gubuk gubuk (kemah-kemah)di bagian gurun sahara. Perkumpulan ini pimpin oleh Yahya bin Ibrahim .
Secara istilah murabitun adalah kelompok terekat yang bertujuan pada mulanya untuk menumpas kejahatan yang terjadi pada masyarakat. Pada perkampungan murabitun ini hukum islam dilaksanakan sesuai denagn mazhab Maliki yang keras, tetapi berpegang teguh kepada al-Qur’an dan sunnah. Mereka sangat patuh meninaikan ajaran agama islam dan agresif dalam bertindak, sehingga orang orang barbar dan negro yang tidak sesuai dengan ajaranyang mereka anut, mereka jalankan perng suci.[3]  
                                                                                               
·         Kemajuan Dinasti Murabitun
Pada masa ini kemajuanya antara lain yaitu:
v  Pada masa ini dibangun kota Marakesy sebagai ibu kota dinasti ini dan merupakan pusat pendidikan orang orang suci(murabitun).
v  Penaklukan yang dilakukan dengan motif jihad , terutama pada masa Yusuf ibn Tasyfudin, sehungga ia dapat mempertahankan wilayah islam dari kekuasaan orang orang kristen dispanyol yaitu dari tangan Alfonso 6.
v  Dispnyol didirikan kota Isybiliyah dekat Seville sebagai tandingan kota cordova .
v  Pengiaran islam di afrika Utara yang biasanya belum mencapai daerah daerah pedalaman Sahara, maka pada dinasti murabitun ini islam telah sampai kedaerah tersebut.  jasanya yang terbesar adalah membawa ajaran islam jauh kepedalaman gurun sahara di afrika.[4]

A.    Masa Periode Dinasti Muwahhidun
·         Asal Usul Muwahhidun                                      
Gerakan muwahhidun bermula di pegunungan atlas tinggi pada sekitar 1121. Gerakan ini pimpin oleh seorang cendikiawan yang bernama Muhammd ibn tumart, seorang berber dari suku masmuda, yang kemudian di kenal sebagai al-Mahdi yang berarti diberi petujuk’. Setelah menunaikan ibadah hajji ke mekkah dia tetap tinggal timurdan mempelajari pikiran pikiran al-Ghazali,suffi agung persia , dan al-Asy’ari di bagdad dan damaskus.


·         Kemajuan-Kemajuan Dinasti Muwahhidun.
Dinasti muwahhidun merebut kekuasaan murabitun di Marakesh pada tahun 1147, kemudian segera merebut Sevlle dan cordova pada tahun1149, dan seluruh wilayah spanyol yang lainya pada tahun 1172m. Dalam pemerintahan Muwahhidun , kedudukan Muslim tetep saja dalam disentgrasi di bawah paduan antara tekanan pihak kristen dan anti anarki regional.
Tetapi akhirnya muwahhidun dapat di kalahkan oleh tentara pasukan gabungan Leon,Castile,Navarre Arragon dalam perang Ls navas de Tolosa. Dengan kekalahan muwahhidun negara negra islam spayol kembali menjadi indenpenden tetapi mereka mwnjadi tidak berdaya menghadapi gerakan reconqusta yang di lancarkan pihak kristen.[5]  

3.      KERAJAAN BANI AHMAR DAN LENGAPNYA  KEKUASAAN ISLAM DI SPANYOL
Sejak tahun 1248M, Spnyol kecuali Granada lepasdari kekuasaan islam. Granada di bawah kekuasaan Bani Ahmar (1232-1492 M).Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti di zaman Abdurahman An-nasir. Akan tetepi secara polotok, dinasti ini hanya berkuasa di wilayah kecil. Kekuasaan islam yang merupakan prtahanan terakhir di spanyol ini berekhir karena [erselisihan orang orang istana dalam perebutan kekuasaan. Abu abdullah Muhammad merasakan kepada ayahnya  karena menujuka anaknya yang lain sebagai penggantinya menjadi raja .[6] Dia memberontak dan merampas kekuasaan. Dalam pemberontakan itu, ayahnya terbunuh da di gantikan oleh Muhammad ibn sa’ad. Abdullah kemudian meminta bantuan kepada fardenand dan isebella untuk menjatuhkan nya. Duapenguasa kristen ini dapat mengalahkan penguasa yang sah dan abdullah naik tahta.
Tentus saja, Ferdinand dan Isebella yang mempersatukan dua kerajaan besar kristen melalui perkawinan itu tidak cukup merasa puas. Kuduanya ingin merebut kekuasaan terakhir umat islam di spanyol. Abu Abdullah tidak kuasa menahan serangan orang orang kristen tersebut dan pada akhirnya menagaku kalah. Ia mengerahkan kekuasaan kepada Ferdenand dan Isebella, kemudian hijrahnya ke afrika utara. Denagn demikian , berkhirlah kekuasaan islam di spanyol tahun 1492. Umat islam setelah itu di hadapkan kepada dua pilihan, masuk kristen ataub pergi meningglkan spnyol. Pada tahun 1609m, boleh di katakan tidak ada lagi umat islam di daerah ini. [7]   

4.      TRAGEDI INKUISISI DAN PEMUSNAHAN ISLAM DI SPANYOL
a.       Komflik Islam dengan Kristen
Para penguasa muslim tidak melakukan islamisasi secara sempurna. Mereka merasa puas dengnan hanya menagih upeti dari kerajaan-kerajaan kristen tahlukkanya dan membiarkan mereka mempertahankan hukum dan adat mereka. Termasuk posisi hirarki tradisional, asal tidak ada perlawanan bersenjata . namun demikian, kehadiran Arab islam telah memperkuat rasa kebangsaan orang orang spnyol kristen. Hal ini mengebabkan kehidupan negara islam spanyol tidak pernah berhenti dari pertentangan antara islam dan kristen. Pada abd ke11m umat kristen memproleh kemajuan pesat, sementara umat islam sedang mengalami kemunduran.  
b.      Tidak adanya Idieologi Pemersatu
Disana para mukalaf diberlakukan sebagai orang yang sederajat, di spanyol . Sebagaimana polotik yang di jalankan     bani Umayyah di damaskus, orangorang arab tidak pernah menerima orang orang pribumi. Hal ini mendatangkan dampak besar terhadapsejarah sosio-ekonomi negri tersebut. Hal ini menunjukan bahwa tidak adanya idiologo untuk memberi makna persatuan, di samping tidak adanya figur yang dapat menjadi personifiksi idiologi itu.
c.       Kesulitan ekonomi i
Diparuh kedua islam di spanyol, para penguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat serius., sehingga lalai dalam membina perekonomia. Akibatnya timbul kesulitan ekonomi yang amat memberatkan dan mempengaruhi kondisi politik dan militer.
d.      Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
Hal ini mengebabkan perebutan kekuasaan di antara ahli waris . bahkan karen inilah kekuasaan bani umayyah runtuh dan muncul Muluk al tawaif. Granada yang merupakan pusat kekuasaan islam terakhir di spnyol jatih ketangan ferdinand dan isebella di antaranya juga di sebabkan pemasahan ini.
e.       Keterpencilan
Spanyol islam bagaikan terpencil dari dunian islam yang lain. Ia selalu berjuang sendirian, tanpa mebdapatkan bantuan kecuali afriaka utara. Dengan demikia, tidak ada kekuatan alternatifnya yang mampu membendung kebagkitan kristen disana.
Sehingga secara berlahan lahan islam di sana goyah dan akhirnya hilang dan misnah. [8]
5.      WARISAN ISLAM DI SPANYOL DAN PENGARUNYA TERHADAP SEJARAH DUNIA
Kemajuan yang terus berkembang hingga saat ini seperti eropa banyak berhutang budi kepada khazanah ilmu pengetahuan islam yang berkembang di periode khalasik.ini merukan suatu warisan yang di tinggalkan islam dislam di spanyol . dan memang spanyol merupakan tempat yang paling itama bagi eropa mengerap oeradaban islam, baik bentuk hubungan politik , sosial, maupun perekonomian, dan peradaban antar negara. Orang orang yang mengaksikan kenyataan bahwa Spanyolberada dibawah kwkuasaan islam jauh meniggalkan negara negara tetangganya eropa., terutama dalam bidang pemikiran dan sains di samping bangunan fisik. [9]
Penagaruh ilmu pengetahuan islam di dunia seperti eropa, yang sudah berlangsung sejak abdke-12M itu menimbulkan gerakan kebangkitan kembali pusaka yunanidi eropa pada abad ke-14M . Berkembanganya pemikioran yunani kali ini adalah melalui terjemahan  terjemshsn arab yang di pelajarin dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa latin. [10]
                       
           
           
           















                                    DAFTAR PUSTAKA


            Yatim, Badri, Dr,M .A, Sejarah kebudayaan islam, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada,
                                2004.
                Thomson, Ahmad, sejarah peradaban islam, Jakarta:Gaya Garamedia Pratama.
                                2004.
                Sou’yb,Yoseuf, Kekuasaan islam Diandalusia, Jakarta: Madju
                                1984.
                Harun,  Maidir, Sejarah peradaban islam, Padang: IAIN-IB Press
                                2002.
                http/abbas85.wordobpres.com/2008/03/17/perkembangan –islam-dinasti-umayyah/



[1] Harun,Maidr, Prof, Sejarah peradabab islam, (Padang:IAIN-IB Pres, 2002) hlm,132.
[2] Ibid, hlm,93
[3] Yoesoef Sou’yb,kekuasaan islam di andalusia(jakarta:madju,1984)hlm,17

[4] Ahmad thomson,Islam Di Andalusia,(Bandung:Gaya Media Pratama,2004),hlm103.
[5] Ibid,hlm,121.
[6]Yoesof Sou’yb,Kekuasaan islam di andalusia (jakarta:Madju,1984)hlm 248
[7] Ibid,hlm, 255
[8] Thomson, Ahmad, Andalusia(Pamulang:GAYA Media Pratama) hlm,15
[9] Yatim, badri,Dr, M, A, SEJARAh Peradaban islam,( jakarta: Pt Gravindo Persada),hlm 107
[10] Ibid,hlm 100

0 komentar:

Posting Komentar