Senin, 16 September 2013

takhrij hadis tentang bacaan rukuk


BAB II
PEMBAHASAN
LAPORAN TAKHRIJ HADIS

A.    Pelacakan Hadis
Hadis yang akan diteliti adalah
سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ
Artinya: Maha Suci Tuhanku yang Maha Besar dan pujian bagi-Nya.

Dalam melakukan pelacakan terhadap hadis ini, penulis menggunakan metode takhrij dengan melacak salah satu kata pada matan. Pelacakan ini dilakukan terhadap kitab al-Mu’jam al-Mufahras li Alfâz al-Hadîts al-Nabawî, yang disusun oleh A.J. Wensick. Dalam hal ini penulis mengambil kata سَـبَـحَـا dengan melacaknya pada loccus س. Penulis sengaja melacaknya pada kata ini karena kata inilah yang menjadi tema sentral hadis yang diteliti, yaitu “Maha Suci”, mu’jam memberikan informasi bahwa hadis tersebut terdapat dalam tujuh kitab.[1]
خ : ايـما ن ... 19, تـو حـيـد... 57
م : صـلاه 22, مـسـا فـريـن 203
د : ادب 101
ت : موا فـيـن 79, دعـوان 39,  59, 167, و 168
ن : افـتـنـاح 77, تـطـيـف 9, 20
ط : قـرأن 21
حـم : 2, 170, 225, 222, 515, 3, 440, 4, 57, 59, 5, 6, 60, 148, 161, 199 253, 271 342, 6, 25 42 49, 100 184, 190 440.






B.     Penelusuran dalam Kitab Hadis
Setelah mendapatkan informasi dari Mu’jam dan Mausu’at, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah melihat ke kitab sebagai sumber aslinya. Adapun hadis-hadis tersebut diklasifikasikan berdasarkan nama kitabnya:
1.      Sunan Abu Daud
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ - يَعْنِى ابْنَ سَعْدٍ - عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى -         أَوْ مُوسَى بْنِ أَيُّوبَ - عَنْ رَجُلٍ مِنْ قَوْمِهِ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ بِمَعْنَاهُ زَادَ قَالَ
فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا رَكَعَ قَالَ « سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ ». ثَلاَثًا وَإِذَا سَجَدَ قَالَ « سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ ».ثَلاَثًا.
 قَالَ أَبُو دَاوُدَ وَهَذِهِ الزِّيَادَةُ نَخَافُ أَنْ لاَ تَكُونَ مَحْفُوظَةً. قَالَ أَبُو دَاوُدَ انْفَرَدَ أَهْلُ مِصْرَ بِإِسْنَادِ هَذَيْنِ الْحَدِيثَيْنِ حَدِيثِ الرَّبِيعِ وَحَدِيثِ أَحْمَدَ بْنِ يُونُسَ.
Artinya: Telah menerangkan kepada kami Ahmad bin Yunus, telah menerangkan kepada kami Al-Laets, yakni Ibnu Sa'ad, dari Ayyub bin Musa atau Musa bin Ayyub, dari seseorang dari kaumnya, dari Uqbah b 'Amir dengan penambahan maknanya, beliau berkata Rasulullah saw apabila baginda saw ruku’, baginda saw mengucapkan ‘subhanarabbiyal azhimi wa bihamdihi’ tiga kali, dan apabila baginda saw sujud, baginda mengucapkan ‘subhanarabbiyal a’la wa bihamdihi’ tiga kali.
                 Berkata Abu Daud: Dan tambahan ini [yang dimaksudkan ialah lafaz ‘wa bihamdihi], kami takuti ia tidak terpelihara. Berkata Abu Daud: Ahli Mesir bersendirian (didalam meriwayatkan) dengan isnad kedua-dua hadith ini, iaitu hadith ar-Rabi’ dan hadith Ahmad bin Yunus. (Riwayat Abu Daud)
2.      Muslim
عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِفَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ
قَالَ وَفِي حَدِيثِ جَرِيرٍ مِنْ الزِّيَادَةِ فَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ

Artinya:
Dari Hudzaifah r.a., katanya:
"Pada suatu malam, aku solat mengikuti Nabi SAW lalu beliau membaca surat Al Baqarah. Aku mengira beliau akan ruku' setelah bacaan sampai seratus ayat, tetapi ternyata beliau terus saja. Setelah itu kukira beliau akan mencukupkan surat Al Baqarah itu saja untuk satu rakaat, ternyata beliau meneruskannya dengan surat An Nisa', sesudah itu menyambungnya pula dengan surat Ali 'Imran. Bila beliau membaca ayat tasbih, beliau tasbih, dan bila beliau membaca ayat yang memerintahkan supaya bermohon, beliau bermohon, dan apabila beliau membaca ayat ta'awwudz (ayat yang memerintahkan supaya berlindung dari bencana), beliau memohon perlindungan. Kemudian beliau ruku'. Dalam ruku' beliau membaca: "Subhana rabbiyal 'azhim." (Maha Suci Tuhan ku yang Maha Agung). Dan lama beliau ruku', hampir sama lamanya dengan berdirinya. Kemudian beliau membaca: 'Sami'allahu liman hamidah." (Allah Maha Mendengar akan orang yang memuji-Nya). Kemudian beliau berdiri dan lamanya berdiri lebih kurang sama dengan lamanya ruku'. Sesudah itu beliau sujud, dan dalam sujud beliau membaca: "Subhana rabbiyal a'la." (Maha Suci Tuhan ku Yang Maha Tinggi). Lama beliau sujud hampir sama dengan lamanya berdiri."
Sementara di dalam hadis Jarir terdapat tambahan; Beliau membaca: ‘sami'allahu liman hamidah rabbanaa lakal hamdu’ (Allah Maha Mendengar akan orang yang memuji-Nya, Ya Tuhan kami bagi-Mu segala puji)."
(Riwayat Muslim)

3.      At-Turmuzi

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ قَالَ أَنْبَأَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْأَعْمَشِ قَال سَمِعْتُ سَعْدَ بْنَ عُبَيْدَةَ يُحَدِّثُ عَنْ الْمُسْتَوْرِدِ عَنْ صِلَةَ بْنِ زُفَرَ عَنْ حُذَيْفَةَ
أَنَّهُ صَلَّى مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يَقُولُ فِي رُكُوعِهِ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ وَفِي سُجُودِهِ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَمَا أَتَى عَلَى آيَةِ رَحْمَةٍ إِلَّا وَقَفَ وَسَأَلَ وَمَا أَتَى عَلَى آيَةِ عَذَابٍ إِلَّا وَقَفَ وَتَعَوَّذَ قَالَ أَبُو عِيسَى وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Daud berkata; telah memberitakan kepada kami Syu'bah dari Al A'masy berkata; aku mendengar Sa'd bin Ubaidah menceritakan dari Al Mustaurid dari Shillah bin Zufar dari Hudzaifah bahwasanya ia pernah solat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dan dalam rukuknya beliau membaca: "SUBHAANA RABBIAL AZHIIM (Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung) dan dalam sujudnya beliau mengucapkan: "SUBHAANA RABBIAL A'LA” (Maha Suci Tuhanku yang Maha Tinggi)." Dan tidaklah beliau melewati ayat yang berbicara tentang rahmat, beliau berhenti (berdo'a meminta rahmat), dan tidaklah beliau melewati ayat yang berbicara tentang seksa kecuali beliau berhenti dan berlindung." Abu Isa(Imam Tirmidzi) berkata; "Hadits ini darjatnya hasan shahih." (Riwayat Tirmidzi)

C.    Ranji Sanad Hadis
1.      Ranji sanad hadis Sunan Abu Daud


رسول الله صلى الله عليه وسلم

قال


عـُقْـبَـةَ بن عـا مِـرِ

عـن
 


رَجُـلِ مِـنْ قَـوْمِـهِ

عـن



أَيُّـوبَ بْن مُـوْسَى اَوْ مُـوْسَى  بْن أَيُّـوبَ

حـد ثـنـا


ابْـن سَـعْـدٍ

حـد ثـنـا


اللَـيْـثُ

حـد ثـنـا


اَحْـمَـدُبْنُ يُـوْ نُــسَى

حـد ثـنـا



ابـى دَاوُدَ


2. Ranji sanad hadis Muslim
 




قـال                                                        

 



عـن                                                        

                                                      

مـسـلـم
 
 


3.      Ranji sanad Sunan at-Turmuzi

رسول الله صلى الله عليه وسلم

 
 




قـال

حُـذَ يْـفَـةَ
 
 




عـن
صِـلَةَ بْـنِ زُفَرَ




 
 




عـن
 


عـن
 


عـن
اللأَ عْـمَـشِ
 
 



أَنْـبَـأَ نَـا
شُـعْـبَـةَ
 
 



قـال

 


حـد ثـَنـا

 


حـد ثـَنـا
تـر مـذي
 
 




  1. Teori Ke-shahîh-an Hadis yang Digunakan
Dalam penelitian ini, teori ke-Shahîh-an hadis yang digunakan sebagai pisau analisis untuk menilai hadis ini adalah ke-Shahîh-an hadis yang dikemukakan oleh Muhammad Syuhudi Ismail. Menurutnya, syarat hadis Shahîh  ada tiga yaitu:[2]
1.      Sanadnya bersambung dengan ketentuan (a) muttashil; (b) marfû’; (c) mahfûzh; dan (d) bukan mu’all.
2.      Periwayatnya bersifat adil yaitu (a) beragama Islam; (b) mukallaf; (c) melaksanakan ketentuan agama; dan (d) memelihara muru’ah.
3.      Periwayat bersifat dhâbith dan atau tamm al-dhabth, dengan ketentuan (a) hafal dengan baik hadis yang diriwayatkannya; (b) mampu dengan baik menyampaikan hadis yang dihafalnya kepada orang lain; (c) terhindar dari syuzûz; dan (d) terhindar dari ‘illat.
Dalam melakukan penelitian terhadap sanad dan periwayat hadis ini, digunakan beberapa kitab, yaitu Tahzîb al-Kamâl fi Asmâ’ al-Rijâl karya al-Hafîzh  Jamâl al-Dîn Abû al-Hajjâj Yûsuf al-Mizzî, Mizân al-I’tidâl fî Naqd al-Rijâl dan Siyar A’lâm al-Nubalâ’, keduanya karya Abû ‘Abd Allâh Syams al-Dîn Muhammad ibn Ahmad ibn ‘Utsmân al-Zahabî, Kitâb al-Jarh wa al-Ta’dîl karya Abû Muhammad ‘Abd al-Rahmân ibn Abî Hâtim Muhammad ibn Idrîs ibn al-Munzir al-Tamîmî, Lisân al-Mizân karya Ibn Hajar al-‘Asqalâniy dan Mu’jam al-Muallifîn Tarâjim Mushannifî al-Kutub al-‘Arabiyyah, karya Umar Ridhâ Kahhâl.
Untuk lebih mudah mencari biodata periwayat, penulis menggunakan petunjuk Mausû’ah Rijâl al-Kutub al-Tis’ah karya ‘Abd al-Ghaffâr Sulaimân al-Bandâriy dan Sayyid Kasruddiy Hasan.









  1. Meneliti Kebersambungan Sanad
Penelitian sanad ini adalah sebagai konsekwensi dari teori hadis shahîh yang digunakan. Aspek yang akan diteliti dalam sanad adalah muttashil, marfu’,  mahfuzh, dan bukan mu’all.
Sanad yang akan diteliti adalah sanad hadis nomor 486. Alasan memilih sanad ini adalah, pertama, karena redaksi sanad hadis ini adalah redaksi yang ditugaskan untuk diteliti. Kedua, redaksi ini yang dicari pada awal penelitian. Ketiga, redaksi hadis ini juga persis sama dengan redaksi pada kitab sumber kedua.
1.      Al-Thabarâniy
Dia adalah Sulaimân ibn Ahmad ibn Ayyûb ibn Muthair al-Lakhomiy al-Syâmiy al-Thabarâniy. Kunniyah-nya adalah Abû al-Qâsim. Dilahirkan di kota ‘Akka pada bulan Shafar tahun 260 H. Ibunya adalah orang ‘Akka.[3] Wafat di Asbahân pada bulan Zulqa’dah tahun 360 H, dalam usia seratus tahun sepuluh bulan.[4]
2.      Mûsâ ibn Hârûn
Dia adalah Mûsâ ibn Hârûn ibn ‘Abd Allâh ibn Marwân al-Baghdâdiy.[5] Kunniyah-nya adalah Abû ‘Imrân dan Abû al-Hasan, dan laqab-nya adalah al-Hammâl, al-Hâfizh, al-Baghdâdiy, al-Bazzâr.[6] Dilahirkan pada tahun 214 H dan wafat pada tahun 294 H.[7] Di antara muridnya adalah Abû al-Qâsim al-Thabarâniy.[8]
3.    Ishâq ibn Râhawaih
Dia adalah Ishâq ibn Ibrâhîm ibn Makhlad ibn Ibrâhîm ibn ‘Abd Allâh ibn Mathar ibn ‘Ubaid ibn Ghâlib ibn Wâris ibn ‘Ubaid Allâh ibn ‘Athiyyah ibn Murrah ibn Ka’ab ibn Hamâm ibn Asad ibn Murrah ibn Shamrû ibn Hanzhalah ibn Mâlik.[9] Kunniyah-nya adalah Abû Ya’qub dan Abû Muhammad, dan laqab-nya adalah al-Hanzhalah dan Ibn Râhawaih al-Marwuziy.[10] Lahir tahun 161 H dan wafat tahun 237/238 H.[11] Di antara gurunya adalah al-Nadhar ibn Syumail, dan di antara muridnya adalah Mûsâ ibn Hârûn.[12]
4.      Al-Nadhar ibn Syumail
Dia adalah al-Nadhar ibn Syumail ibn Kharasyatah ibn Zaid ibn Kultsûm ibn ‘Anazah ibn Zuhair ibn ‘Amrû ibn Hujr ibn Khuzâ’iy ibn Mâzin ibn ‘Amrû ibn Tamîm. Pendapat lain mengatakan bahwa ia adalah al-Nadhar ibn Syumail ibn Kharasyatah ibn Zaid ibn Kultsûm ibn ‘Antarah ibn ‘Urwah ibn Julhamah ibn Jahdar Khuzâ’iy ibn Mâzin ibn mâlik ibn ‘Amrû ibn Tamîm ibn Mur ibn Udd ibn Thâbighah. Kunniyah-nya adalah Abû al-Hasan dan laqab-nya adalah al-Mâziniy, al-Nahwiy, al-Bashriy, al-Marûziy dan al-Tîmiy. [13] Dilahirkan di Hudud, tahun 122 H dan wafat tahun 203/ 204 H.[14] Di antara muridnya adalah Ishâq ibn Râhawaih.[15]
5.      Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy
Namanya adalah Syaddâd ibn Sa’îd. Kunniyah-nya adalah Abû Talhah dan Abû Hakîm dan laqab-nya adalah al-Râsibiy dan al-Bashriy. Di antara muridnya adalah al-Nadhar ibn Syumail, dan di antara gurunya adalah Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr.[16]
6.      Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr
Dia adalah Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr. Dia adalah saudara Mutharrif ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr dan Hânî’ ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr.[17] Kunniyah-nya adalah Abû al-‘Alâ’ dan laqab-nya adalah al-‘Âmiriy, al-Bashriy, al-Harsyiy. Ia Wafat pada tahun—atau sebelum—111 H. [18]
7.      Ma’qil ibn Yasâr
Nama aslinya adalah Ma’qil ibn Yasâr ibn ‘Abd Allâh ibn Mu’abbir.[19] Kunniyah-nya adalah Abû ‘Aliy, Abû Yasâr dan Abû ‘Abd Allâh. Sedangkan laqab-nya adalah al-Muzniy dan al-Bashriy.[20] Dia wafat di Bashrah pada masa akhir pemerintahan khilafah Muawiyyah. Dia mendengar langsung hadis dari Rasulullah.[21]
Dari data-data di atas diketahui bahwa al-Thabarâniy pernah berguru kepada Mûsâ ibn Hârûn; Mûsâ ibn Hârûn pernah berguru kepada Ishâq ibn Râhawaih; Ishâq ibn Râhawaih pernah berguru kepada al-Nadhar ibn Syumail; al-Nadhar ibn Syumail pernah berguru kepada Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy; Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy pernah berguru kepada Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr. Tidak ditemukan data yang menyebutkan secara jelas nama Ma’qil ibn Yasâr sebagai guru dari Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr. Ma’qil ibn Yasâr bertemu rasul dan menerima hadis dari baginda.
Kendatipun  tidak  ditemukan  adanya  pernyataan  yang jelas tentang nama Ma’qil  ibn Yasâr sebagai guru dari Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr, tapi ada indikasi yang menunjukkan bahwa pernah terjadi komunikasi ilmiah berupa  transmisi  hadis  di  antara  mereka. Indikasi  itu adalah pernyataan tentang gurunya yang sangat banyak berupa kata ‘iddah.[22] Diduga, bahwa gurunya Ma’qil ibn Yasâr sudah masuk dalam isyarat ungkapan ini. Maka dari data guru murid di atas dapat disimpulkan bahwa sanad hadis ini bersambung.
Kesimpulan ini didukung oleh kemungkinan kesezamanan antara guru dan murid. al-Thabarâniy lahir 260 H dan wafat tahun 360 H. Mûsâ ibn Hârûn lahir pada tahun 214 H dan wafat tahun 294 H. Pada saat Mûsâ ibn Hârûn wafat, al-Thabarâniy berusia 34 tahun. Artinya, Mereka sezaman. Ishâq ibn Râhawaih lahir tahun 161 H dan wafat tahun 237/ 238 H. Pada saat Ishâq ibn Râhawaih wafat, Mûsâ ibn Hârûn berusia 23 atau 24 tahun. Al-Nadhar ibn Syumail lahir pada tahun 122 H dan wafat tahun 203/ 204 H. Pada saat al-Nadhar ibn Syumail wafat, Ishâq ibn Râhawaih berusia 42 tahun.
Dari uraian di atas tidak ditemukan data tentang tahun kelahiran dan wafat Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy. Tapi bisa diketahui kesezamanan mereka. Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr meninggal pada tahun 111 H. Sebelas tahun setelah wafatnya Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr, al-Nadhar ibn Syumail—yang merupakan murid dari Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy—baru lahir. Jika dihubungkan tahun meninggalnya Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr dengan tahun kelahiran al-Nadhar ibn Syumail, ternyata mereka hampir semasa. Dari sini, tentunya dapat dipastikan bahwa antara dua orang ini ada yang mengantarai mereka yang semusim dengan keduanya. Ma’qil ibn Yasâr meninggal pada masa akhir khilafah Muawwiyah.
Kebersambungan sanad hadis ini dapat dilihat pada tabel berikut

Nama Periwayat
Kesezamanan
Hubungan guru-murid
Hasil
Lahir
Wafat
Guru
Murid
Al-Thabarâniy
260
360


bersambung
Mûsâ ibn Hârûn
214
294

Al-Thabrâniy
bersambung
Ishâq ibn Râhawaih
161
237/8
Al-Nadhar ibn Syumail
Mûsâ ibn Hârûn
bersambung
Al-Nadhar ibn Syumail
122
203/4
Khalqun katsîrun
Ishâq ibn Râhawaih
bersambung
Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy


Yazîd ibn ‘Abdillâh
Al-Nadhar ibn Syumail
bersambung
Yazîd ibn ‘Abdillâh

111
‘iddah

bersambung
Ma’qil ibn Yasâr


Nabi saw

bersambung
Tabel 1
Kebersambungan sanad hadis no 486

Mengomentari simbol periwayatan yang ada dalam sanad ini, tidak satupun mengindikasikan tadlîs atau penyembunyian dengan menggunakan kata ‘an ataupun menyebut periwayat secara tidak jelas (mubham). Sebaliknya, semuanya menggunakan metode yang disebut oleh sebagain ulama dengan metode al-sima’ yang merupakan cara yang memiliki status tertinggi pada simbol periwayatan setelah sami’na dan haddatsana.

  1. Meneliti Ke-’âdil-an dan Ke-dhâbit-an Periwayat
1.      Al-Thabarâniy
Al-Hâfiz Abû ‘Abd Allâh ibn Mundah mengatakan bahwa al-Thabarâniy adalah salah seorang al-huffâz. Ahmad ibn Mansur al-Syirâziy al-Hâfiz menilainya tsiqah.  Abû Bakr ibn Abî Aliy mengatakan bahwa al-Thabarâniy seorang yang luas ilmunya dan banyak menyusun kitab. Hanya saja, ia salah menyebut nama [Ibn] Ibrâhîm [ibn] al-Barqiy. Dalam hal kesalahan ini al-Thabarâniy dinilai layyin oleh al-Hâfiz Abû Bakr ibn Mardawaih.[23]
2.      Mûsâ ibn Hârûn
Al-Shib’iy menyebutnya sebagai seorang al-Huffâz yang paling wara’. Al-Hâfiz ‘Abd al-Ghaniy menyebutnya sebagai orang yang paling baik perkataannya di dalam hadis (ahsanu al-nâs kalâman fî al-hadîts). Abû Bakr al-Khathîb menilainya tsiqah hâfiz.[24]              
3.      Ishâq ibn Râhawaih
Al-Zahabiy menyebutnya tsiqah hujjah. Al-Nasâiy menyebutnya tsiqah ma’mûn. Tapi Abû Dawud menyebutkan bahwa kepribadiannya berubah lima bulan sebelum beliau meninggal. Abû Hâtim menanyakan tentang Ishâq ibn Râhawaih kepada Abû Zur’ah karena hafalannya terhadap sanad dan matan. Lalu, Abû Zur’ah berkata bahwa tidak ada orang yang lebih hafal (ahfazh) selain Ishâq ibn Râhawaih. Akan tetapi, Abû Zur’ah mengatakan hal itu kepada gurunya Abû al-Hajjâj, lalu Abû al-Hajjâj berkata bahwa ada pendapat yang mengatakan Ishâq ibn Râhawaih tersalah (ikhtalatha) hafalannya sebelum dia meninggal. Menurut al-Zahabiy, Ishâq ibn Râhawaih tersalah hanya beberapa hadis tertentu dan bukan dalam hadis ini.[25] Ahmad ibn Hanbal mengatakan bahwa Ishâq ibn Râhawaih tidak perlu dipertanyakan lagi (mitslu Ishâq yus’al ‘anhu). Dia adalah salah seorang imam kaum muslimin.[26]
4.      Al-Nadhar ibn Syumail
Abû Hâtim menilainya dengan tsiqah shahîb al-sunnah. Yahyâ ibn Ma’in, ‘Aliy al-Madîniy dan al-Nasâiy menilainya tsiqah.[27] Al-‘Abbâs ibn Mush’ab al-Marwuziy menyebutnya sebagai seorang imam dalam bahasa Arab dan hadis.[28]
5.      Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy
Ahmad ibn Hanbal mengatakan bahwa Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy syaikh tsiqah. Yahyâ ibn Ma’în menilainya tsiqah.[29] Abû Khaitsamah menilainya tsiqah. Al-Nasâiy menilainya tsiqah. Ibn Hibbân menyebut Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy dalam kitabnya al-Tsiqât. Tapi, al-Bukhâriy mengatakan bahwa Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy dinilai dha’îf oleh ‘Abd al-Shamad ibn ‘Abd al-Wârits.[30]
6.      Yazîd ibn ‘Abd Allâh ibn al-Syakhîr
Al-Nasâiy menilainya tsiqah. Ibn Hibbân menyebut Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy dalam kitabnya al-Tsiqât.[31]
7.      Ma’qil ibn Yasâr
Tidak ditemukan penilaian tentang ke-’âdil-an dan ke-dhâbit-annya. Hal ini bukan karena keberadaannya tidak diketahui. Justru dia adalah salah seorang sahabat yang ikut dalam bai’at dalam rangka mendukung dakwah nabi Muhammad. Tidak ditemukannya penilaian tentang shahabat dikarenakan shahabat dinilai sebagai seorang yang tidak perlu ditanyakan tentang kualitas ke-’âdil-annya.
Berikut ini tabel tentang penilaian yang diberikan kepada periwayat di atas

Kritikus
Al-Thabarâniy
Mûsâ ibn Hârûn
Ishâq ibn Râhawaih
Al-Nadhar ibn Syumail
Syaddâd ibn Sa’îd
Yazîd ibn ‘Abd Allâh
Ma’qil ibn Yasâr
Abû ‘Abd Allâh ibn Mundah
al-huffâz






Ahmad ibn Mansur al-Syirâziy
Tsiqah






Abû Bakr ibn Mardawaih
Layyin






Al-Shib’iy

al-Huffâz





‘Abd al-Ghaniy

ahsanu al-nâs kalâman fî al-hadîts





Abû Bakr al-Khathîb

tsiqah hâfiz





Al-Zahabiy


tsiqah hujjah




Al-Nasâiy


tsiqah ma’mûn
tsiqah
tsiqah
tsiqah

Abû Zur’ah


ahfazh




Abû al-Hajjâj


ikhtalatha




Ahmad ibn Hanbal


mitslu Ishâq yus’al ‘anhu

syaikh tsiqah


Abû Hâtim



tsiqah shahîb al-sunnah



Yahyâ ibn Ma’in



tsiqah
tsiqah


‘Aliy al-Madîniy



tsiqah



Abû Khaitsamah




Tsiqah


Ibn Hibbân




Tsiqah
tsiqah

‘Abd al-Shamad ibn ‘Abd al-Wârits




dha’îf


Kesimpulan penilaian
‘âdil dan dhâbit
‘âdil dan dhâbit
‘âdil dan dhâbit
‘âdil dan dhâbit
‘âdil dan dhâbit
‘âdil dan dhâbit
‘âdil dan dhâbit

Tabel 2
Penilaian tentang ke-‘adâlah-an dan ke-dhabth-an periwayat
Demikianlah penilaian yang disampaikan oleh ulama kritikus hadis tentang ke-‘âdil-an dan ke-dhâbit-an para periwayat pada jalur sanad ini. Hanya ada tiga periwayat yang terjadi pertentangan penilaian, yaitu al-Thabarâniy, Ishâq ibn Râhawaih dan Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy. Selebihnya, dinilai tsiqah tanpa ada yang memberikan jarh bagi mereka. (tabel 2).
Mengomentari penilaian yang dikemukakan oleh para kritikus terhadap al-Thabarâniy, maka penulis menyimpulkan bahwa al-Thabarâniy ‘âdil lagi dhâbit dan riwayatnya dapat diterima. Penilaian hâfiz adalah penilaian keterpujian tingkatan pertama menurut Ibn al-Shalâh, al-Nawawiy dan al-Zahabiy. Penilaian tsiqah adalah penilaian keterpujian tingkatan pertama menurut standar Ibn Abî Hâtim al-Râziy, Ibn al-Shalâh, al-Nawawiy. Sedangkan penilaian layyin adalah tingkatan jarah paling rendah menurut para kritikus. Penilaian layyin ini diberikan khusus terkait penulisan nama [Ibn] Ibrâhîm [ibn] al-Barqiy. Dalam sanad yang diteliti ini tidak ada nama [Ibn] Ibrâhîm [ibn] al-Barqiy sebagai periwayat.
Terkait dengan adanya pertentangan penilaian terhadap Ishâq ibn Râhawaih, penulis menyimpulkannya—dalam sanad ini—dalam penilaian ta’dîl yang paling tinggi. Adanya pernyataan ulama yang mengatakan bahwa di penghujung usianya, tepatnya lima bulan sebelum meninggal, Ishâq ibn Râhawaih terkadang melakukan kesalahan dalam penyampaian riwayat. Penilaian tersalah itu hanya pada beberapa hadis dan hadis ini tidak termasuk ke dalamnya. Ketika kesalahan itu tidak sering terjadi, maka Ishâq ibn Râhawaih masih dapat dikatakan dhâbith. Sebaliknya, kritikus yang memberikan penilaian ta’dîl dinilai oleh ulama sebagai yang bukan mutasahhil. Bahkan, ungkapan ahfazh dan mitslu Ishâq yus’al ‘anhu berada pada tingkatan pertama menurut Ibn Hajar dan al-Suyûthi yang terkenal mutasyaddid.
Dalam hal Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy, penulis juga menyimpulkan Syaddâd ibn Sa’îd al-Râsibiy sebagai seorang yang tsiqah. Alasannya di samping jumlah kritikus yang memberikan penilaian ta’dîl lebih banyak dibanding dengan yang menilai dengan jarh, para kritikus yang bukan mutasahhil, seperti Ahmad ibn Hanbal dan Yahyâ ibn Ma’în, menilainya dengan syaikh tsiqah dan tsiqah.












BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Dari data-data dan informasi yang dikaji di atas disimpulkan bahwa sanad hadis ini memenuhi syarat ke-shahîh-an. Kesimpulan itu diperoleh setelah melihat terjadinya kebersambungan sanad berupa hubungan guru murid dan kesezamanan antara periwayat dan para periwayat yang ada semuanya dinilai ‘âdil dan dhâbith. Butir-butir kebersambungan sanad hadis ini adalah muttashil, marfu’, tidak mengandung syaz dan tidak ber-’illat. Sedangkan untuk menyimpulkan bahwa periwayat ini ‘âdil dan dhâbit adalah dari kesaksian dan penilaian ulama yang mengatakan mereka bersifat âdil dan dhâbith.
Dalam penelitian ini, penulis tidak meneliti syaz dan ‘illat pada sanad. Hal ini sebagai konsekuensi dari teori ke-shahîh-an yang digunakan. Menurut Muhammad Syuhudi Ismail, syaz dan ‘illat termasuk ke dalam kaedah minor dalam teori ke-shahîh-an sanad hadis. Ia bukan kaedah utama yang harus dipisah kajiannya. Tapi ia adalah kajian yang serta merta dalam mengkaji kebersambungan sanad dan mengkaji ke-dhabt-an periwayat. Jika kebersambungan sanad dan ke-dhâbith­-an benar-benar terjadi dan terbukti, maka hal itu sudah cukup mumpuni untuk mengatakan ia terhindar dari syaz dan ‘illat.
Demikianlah penelitian tentang hadis ini disampaikan. Kesimpulan yang penulis dapatkan adalah berdasarkan analisis dan pemahaman penulis dengan menggunakan standar dan kriteria ke-shahîh-an yang diakui.
Penelitian ini belum mengkaji ke-shahîh-an matan hadis ini. Artinya, jika hadis ini akan dijadikan hujah untuk beramal, maka perlu diteliti terlebih dahulu matannya. Sebab hadis yang sanadnya terbukti shahîh belum pasti matannya juga shahîh. Tapi setidaknya, penelitian sanad ini adalah langkah awal untuk meneliti hadis ini. Bagi yang tidak punya bekal untuk melakukan penelitian sendiri, setidaknya dengan membaca dan mengetahui penilaian terhadap sanad hadis ini dapat mengetahui status sanad hadis ini.
Bagi yang punya bekal dan keinginan untuk mengkaji hadis ini lebih lanjut, penulis menyarankan untuk meneliti aspek lain dari hadis ini yaitu meneliti matan hadis ini. Sehingga dengan diketahuinya status matan hadis ini akan jelas status hadis ini secara keseluruhan, baik sanad maupun matannya. Jika ditemukan ternyata matan hadis ini juga shahîh, maka hadis ini dapat dijadikan sebagai hujah dan dalil hukum untuk beramal. Tapi, jika matan hadis ini ditemukan tidak shahîh, maka hadis ini tidak dapat dijadikan hujah kendatipun sanadnya shahîh.
Wa Allâh a’lam bi al-shawâb.
B.     KRITIK DAN SARAN
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penelitian hadis ini banyak kekurangan, minimnya ilmu yang dimiliki penulis dan keterbatasan waktu, untuk itu penulis meminta kepada pembaca kritik dan saran supaya penelitian yang akan datang lebih baik dari pada sekarang.
Untuk peneliti berikutnya, penulis menyarankan agar meneliti seluruh jalur sanad terutama yang belum diteliti dalam penelitian pratikum hadis ini. Agar dapat dilakukan dengan lebih kritis dan mendalam.



















DAFTAR KEPUSTAKAAN
Al-Bandâriy, ‘Abd al-Ghaffâr Sulaimân dan Sayyid Kasruddiy Hasan, Mausû’ah Rijâl al-Kutub al-Tis’ah, Bairût: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993
Al-Haitsamiy, Al-Hafidz Nûr al-Dîn ‘Aliy ibn Abî Bakr, Majma’ al-Zawâid wa Manba’al-Fawâid, Bairût: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1988, juz ke-4,
Al-Mizzî, al-Hafîzh  Jamâl al-Dîn Abû al-Hajjâj Yûsuf, Tahzîb al-Kamâl fi Asmâ’ al-Rijâl, Bairût: Dâr al-Fikr, 1994
Al-Mundziriy, Zakiy al-Dîn ‘Abd al-‘Azhîm ibn ‘Abd al-Quwâ, al-Targhîb wa al-Tarhîb min al-Hadîts al-Syarîf, al-Qâhirah: Dâr al-Hadîts, 1989, juz ke-3
Al-Thabarâniy, Sulaimân ibn Ahmad ibn Ayyûb Abû al-Qâsim, al-Mu’jam al-Kabîr, di-tahqiq oleh Hamdiy ibn ‘Abd al-Majîd al-Salafiy, al-Mûsul: Maktabah al-‘Ulûm wa al-Hikam, 1983
Al-Zahabiy, Syams al-Dîn Muhammad ibn Ahmad ibn ‘Utsmân,  Mîzân al-I’tidâl fî Naqd al-Rijâl, di-tahqîq oleh ’Ali Muhammad al-Bajâwiy, Bairût: Dâr al-Fikr, t.th
-------, Siyar A’lâm al-Nubalâ’, Bairût: Mu’assasah al-Risâlah, 1993, cet. ke- 9
Ibn Abî Hâtim al-Râziy, Abû Muhammad ‘Abd al-Rahmân Muhammad ibn Idrîs ibn al-Munzir al-Tamîmiy al-Hanzhaliy, Kitâb al-Jarh wa al-Ta’dîl, al-Hind: Mathba’ah Majlis Dâirah al-Ma’ârif al-‘Utsmaniyyah, 1952, cet. ke-1
Ibn Hajar al-‘Asqalâniy, al-Hâfiz Syihâb al-Dîn Ahmad ibn ‘Aliy, di-tahqîq dan di-ta’lîq oleh ‘Âdil Ahmad ‘Abd al-Maujûd, ‘Aliy Muhammad Mu’awwad dan ‘Abd al-Fattâh Abû Sinnah, Lisân al-Mizân, Bairût: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1996
Ismail, M. Syuhudi, Kaedah Keshahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Sejarah, Jakarta: Bulan Bintang, 1995, cet. ke-2
Kahhâl, Umar Ridhâ Mu’jam al-Muallifîn Tarâjim Mushannifî al-Kutub al-‘Arabiyyah, Bairût: Dâr Ihyâ’ al-Turâts al-‘Arabiy, t.th




[1]A. J. Winsink, Al-Mu’jam al-Mufaras Li Alfaz al-Hadis Al-Nawawi, (Selanjutnya disebut  Mu’jam), (Laiden: A.  J. Brill, 1936), Hal. 35
[2]M. Syuhudi Ismail, (selanjutnya ditulis Syuhudi), Kaedah Keshahihan Sanad Hadis Telaah Kritis dan Tinjauan dengan Pendekatan Sejarah, (Jakarta: Bulan Bintang, 1995), cet. ke-2, h. 150
[3]Syams al-Dîn Muhammad ibn Ahmad ibn ‘Utsmân al-Zahabiy (selanjutnya ditulis al-Zahabiy), Siyar A’lâm al-Nubalâ’, (selanjutnya ditulis Siyar), (Bairût: Mu’assasah al-Risâlah, 1993), cet. ke- 9, juz ke- 11, h. 119
[4]Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit, h. 128
[5]‘Umar Ridhâ Kahhâl, Mu’jam al-Muallifîn Tarâjim Mushannifî al-Kutub al-‘Arabiyyah, (Bairût: Dâr Ihyâ’ al-Turâts al-‘Arabiy, t.th), juz ke-13, h. 49
[6]‘Abd al-Ghaffâr Sulaimân al-Bandâriy dan Sayyid Kasruddiy Hasan (selanjutnya ditulis al-Bandâriy), Mausû’ah Rijâl al-Kutub al-Tis’ah, (Bairût: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993), juz ke-4, h. 70
[7]‘Umar Ridhâ Kahhâl, Loc. Cit, al-Zahabiy, Siyar. Op. cit., juz ke-12, h. 116; al-Bandâriy, op. cit., h. 70
[8] Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit, h. 117
[9]Ibid.,  juz ke-11, h. 358-359
[10]Al-Bandâriy, Op. Cit, juz ke-1, h. 92
[11]Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit, h. 359; al-Zahabiy, Mîzân al-I’tidâl fî Naqd al-Rijâl, (selanjutnya ditulis Mîzân), (di-tahqîq oleh ’Ali Muhammad al-Bajâwiy), bagian ke-1, (Bairût: Dâr al-Fikr, t.th.), h. 183; al-Bandâriy, Op. Cit, h. 92
[12]Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit, h 359-360
[13]Al-Hafîzh  Jamâl al-Dîn Abû al-Hajjâj Yûsuf al-Mizzî (selanjutnya ditulis Yûsuf al-Mizzî), Tahzîb al-Kamâl fi Asmâ’ al-Rijâl, (Bairût: Dâr al-Fikr, 1994), juz ke-19, h. 81; al-Zahabiy, Siyar,  juz ke-9, h. 328; Abû Muhammad ‘Abd al-Rahmân ibn Abî Hâtim Muhammad ibn Idrîs ibn al-Munzir al-Tamîmiy al-Hanzhaliy al-Râziy (selanjutnya ditulis dengan ‘Abd al-Rahmân ibn Abî Hâtim), Kitâb al-Jarh wa al-Ta’dîl, (India: Mathba’ah Majlis Dâirah al-Ma’ârif al-‘Utsmaniyyah, 1952), juz ke-8, cet. ke-1, h. 477
[14] Al-Zahabiy, Siyar,  juz ke-9, Op. Cit, h. 328 dan 331; Yûsuf al-Mizzî, Op. Cit, h. 83; al-Bandâriy, Op. Cit, juz ke-4, h. 99
[15] Al-Zahabiy, Siyar,  juz ke-9, Op. Cit, h. 329; Yûsuf al-Mizzî, Op. Cit, h. 81
[16] Yûsuf al-Mizzî, Op. Cit, juz ke-8,  h. 81; ‘Abd al-Rahmân al-Tamîmiy, Op. Cit, juz ke-4, h. 330; al-Bandâriy, Op. Cit, juz ke-2, h. 99
[17] Yûsuf al-Mizzî, Op. Cit, juz ke-20,  h. 326
[18] Al-Bandâriy, Op. Cit, juz ke-4, h. 256
[19] Yûsuf al-Mizzî, Op. Cit, juz ke-18, h. 256
[20] Al-Bandâriy, Op. Cit, juz ke-4, h. 16-17
[21] Yûsuf al-Mizzî, loc. cit
[22] Al-Zahabiy, Siyar, op. cit., juz ke-4, h. 494
[23] Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit., juz ke-16, h. 125-127; al-Hâfiz Syihâb al-Dîn Ahmad ibn ‘Aliy ibn Hajar al-‘Asqalâniy (selanjutnya ditulis Ibn Hajar), (di-tahqîq dan di-ta’lîq oleh ‘Âdil Ahmad ‘Abd al-Maujûd, ‘Aliy Muhammad Mu’awwad dan ‘Abd al-Fattâh Abû Sinnah), Lisân al-Mizân, juz ke-3, (Bairût: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1996), h. 86-87; al-Zahabiy, Mîzân, op. cit., bagian ke-2, h. 195
[24]Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit, juz ke-12, h. 117
[25]Al-Zahabiy, Mîzân, Op. Cit, bagian ke-1, h. 183
[26]Ibid,  ‘Abd al-Rahmân ibn Abî Hâtim, Op. Cit, jilid ke-3, h. 209-210
[27]Al-Zahabiy, Siyar, Op. Cit, juz ke-9, h. 329; ‘Abd al-Rahmân ibn Abî Hâtim, op. cit., jilid ke-4, h. 477, Ibn Hajar, Op. Cit, juz ke-9, h. 452; Yûsuf al-Mizzî, Op. Cit, juz ke-19, h. 82
[28]Ibid, h. 83
[29]‘Abd al-Rahmân ibn Abî Hâtim, Op. Cit, jilid ke-4, h. 330; Yûsuf al-Mizzî, op. cit., juz ke-8, h. 293
[30]Ibid
[31]Ibid, h. juz ke-20, h. 337

0 komentar:

Posting Komentar