Minggu, 06 Januari 2013

makalah-Lembaga Keuangan Bank-ATM


KATA PENGANTAR

            Pertama-tama marilah kita ucapkan kepada Allah zat wajjibbal wujud khadirat butjalil yang telah menyingkap tirai rembulan malam  di kegelapan malam, yang mengisi seratus satu macam legenda kehidupan langit berbyanyi bumi bersiul ikut menyaksikan kehindahan alam, subhanallah ternyata lukisan seni tak seindah lukisan sang Illahi.
            Sebagai langkah yang kedua, salawat beriringan salam kita ucapkan buat Nabi Muhammad SAW sebagai agent of changed buat umat manusia, yang membawa umat manusia dari yang tidak berilmu pengetahhuan sampai kehidupan yang berilmu pengetahuan (who has changed his imber from the dakness period into the knowladge  period as we feel right now)
Selanjutnya, tugas yang penulis susun ini berjudul “ANJUNGAN TUNAI MANDIRI” yang didisain dari Mata Perkuliahan yang bertujuan agar mahasiswa mengerti dengan dasar-dasar pengambilan hukum-hukum Islam.
            Saya sebagai pemakalah sangat menyadari bahwa makalah saya ini masih banyak kekurangan serta masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, saya sangat mengharapkan kritikan dan saran yang membangun demi kesempurnaan makalah ini.
            Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Dosen pembimbing  yang telah memberikan tugas serta kepercayaan kepada penulis untuk membuat dan menyusun makalah ini, semoga makalah ini benar-benar bermanfaat bagi pembaca khususnya mahasiswa terutama bagi penulis yang membuat makalah ini.


Padang, 2 Oktober 2012


HANDAYANI
310.006






BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi mempengaruhi kesegala aspek, termasuk perkembangan teknologi perbankan yang tujuannya memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah dan memberikan  kemudahan dalam melakukan transaksi. Seiring perkembangan waktu, dimana terjadi perkembangan transaksi ekonomi, maka kebutuhan nasabah akan kemudahan melakukan transaksi semakin meningkat.
Untuk menunjang kebutuhan nasabah tersebut maka pihak bank mengeluarkan produk-produk perbankan kepada nasabah (baik nasabah dari bank tersebut maupun dari bank lain) untuk  melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik.
 Media elektronik yang digunakan adalah mesin ATM, internet banking, maupun Handphone. Dalam skripsi ini khusus membahas salah satu media elektronik perbankan yaitu mesin ATM dan pelayanannya. Pelayanan ATM adalah layanan perbankan yang dilakukan melalui mesin ATM (Automatic Teller Machine) yang dapat melayani selama 24 jam, guna melakukan transaksi perbankan meliputi penarikan tunai, inquiry saldo (informasi saldo) rekening tabungan, setoran tunai (melalui mesin  CDM) dan melakukan berbagai jenis.














BAB II
PEMBAHASAN
AUTOMATED TELLER MACHINE
ATAU
 ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM)

A.   Pengertian Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
ATM dalam bahasa Inggris dikenal dengan Automatic Teller Machine, atau dalam bahasa Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merukan alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM Lalu apa beda kartu ATM dengan kartu Debit.[1]
Perkembangan teknologi mempengaruhi kesegala aspek, termasuk perkembangan teknologi perbankan yang tujuannya memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah dan memberikan  kemudahan dalam melakukan transaksi. Seiring perkembangan waktu, dimana terjadi perkembangan transaksi ekonomi, maka kebutuhan nasabah akan kemudahan melakukan transaksi semakinmeningkat.  Untuk menunjang kebutuhan nasabah tersebut maka pihak bank mengeluarkan produk-produk perbankan kepada nasabah (baik nasabah dari bank tersebut maupun dari bank lain) untuk  melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik.
Media elektronik yang digunakan adalah mesin ATM, internet banking, maupun handphone. Dalam skripsi ini khusus membahas salah satu media elektronik perbankan yaitu mesin ATM dan pelayanannya.
Pelayanan ATM adalah layanan perbankan yang dilakukan melalui mesin ATM (Automatic Teller Machine) yang dapat melayani selama 24 jam, guna melakukan transaksi perbankan meliputi penarikan tunai, inquiry saldo (informasi saldo) rekening tabungan, setoran tunai (melalui mesin  CDM) dan melakukan berbagai jenis.[2]
Dari pengertian asli ATM yakni Automatic Teller Machine kita bisa simpulkan bahwa mesin ATM adalah sebuah mesin yang secara otomatis bekerja menggantikan peran dari teller yang sering kita jumpai di bank baik untuk urusan setor tunai, tarik tunai, membayar ini, itu, dsb. Jadi dengan hadirnya mesin ATM ini, maka kita tidak perlu lagi harus bertemu teller bank setiap kali membutuhkan jasa perbankan. Dan fungsi pertama mesin ATM diciptakan memang untuk menarik uang tunai.
Kartu ATM adalah kartu plastik yang paling banyak diterbitkan. Kartu ATM juga merupakan kartu yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Mengapa demikian? Karena hampir semua bank mulai dari bank asing, bank pemerintah, bank swasta nasional sampai bank pembangunan daerah (BPD) pun menerbitkan kartu seperti ini. Memiliki kartu ini pun sangatlah mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah menabung di sebuah bank dan mengajukan kepemilikan kartu.
Kartu ATM bukanlah kartu wajib yang harus dimiliki seorang nasabah pada saat mereka membuka tabungan. Kita bisa saja menolak atau memilikinya tergantung kepada keperluan kita masing-masing. Tetapi karena kegunaannya yang multifungsi, sudah dipastikan semua nasabah pasti membutuhkan kartu ATM ini. Kartu ATM menjadi salah satu daya tarik untuk menabung di bank. Boleh dikatakan bank yang tidak memiliki produk kartu ATM-nya pasti tidak akan laris di pasaran. Tidak akan ada orang yang bakal mau menabung di bank tersebut. Misalnya pas lagi membutuhkan uang tunai, e..tidak bisa mengambil uang karena kantor bank sudah tutup atau berada di tempat yang terlalu jauh. Untuk itulah kartu ATM ini diterbitkan agar memudahkan nasabah untuk mengambil tunai kapan saja di mesin ATM mana saja.
Dari namanya saja Anjungan Tunai Mandiri, maka kita dapat mengerti bahwa kartu ATM ini fungsi utamanya adalah sebagai kartu yang bisa kita pergunakan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM tersebut. Jadi tidak perlu lagi antri di bank yang begitu lama, harus menempuh jarak yang begitu jauh untuk mencapai kantor cabang sebuah bank, dsb. Belum lagi kita keadaan mendesak di malam hari di mana bank sudah pasti tidak buka. Dengan  kartu ATM, kita cukup mencari lokasi ATM terdekat dan bisa saja itu berada di perempatan jalan yang ramai, pusat perbelanjaan seperti mal, plaza, pusat bisnis, samping kantor kita, samping kantor polisi, dsb. Mesin ATM pun beroperasi 24 jam nonstop terkecuali pas lagi ada gangguan sistem atau pemeliharaan sistem jaringan.
Karena fasilitas dan menu sebuah mesin ATM terus bertambah, dalam perkembangan berikutnya mesin ATM bukan saja sebagai tempat menarik uang tunai, tetapi sudah menjadi semacam bank kecil yang otomatis dengan berbagai fungsi dan kelebihan. Dengan kartu ATM inilah kita bisa mengakses semua fasilitas perbankan yang ada, yang juga ditampilkan dalam menu-menu mesin ATM. Baik mau transfer uang kepada rekan bisnis, tarik uang kontan, cek saldo, membayar tagihan cicilan mobil, membayar listrik, membayar biaya telepon, membeli pulsa, dsb. Karena fungsinya yang semakin lengkap inilah membuat semua nasabah pasti membutuhkan kartu ATM.
Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa kartu ATM adalah kartu plastik yang diciptakan untuk memudahkan nasabah mengambil uang tunai di mesin-mesin ATM yang ada. Dan tentunya pengambilan uang tunai ini membuat saldo tabungan nasabah berkurang dengan sendirinya. Dalam perkembangan berikutnya seiring menu mesin ATM yang bertambah, kartu ATM pun bisa memiliki fungsi yang terus bertambah.

B.   Penemu Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Beberapa percaya bahwa Luther George Simjian adalah penemu karena idenya datang lebih dulu. Beberapa percaya itu Don Wetzel, setelah semua, dia punya paten dipamerkan di Museum of American History untuk membuktikannya. Yang lain, termasuk Ratu Inggris, mengatakan bahwa penemu adalah John Shepherd-Barron. John D. Putih telah menghubungi ATM machine.com, mengirimkan salinan paten, dan memberikan bukti yang meyakinkan bahwa ia adalah penemu.
James Goodfellow dari Skotlandia juga menghubungi ATM machine.com dan memberi kami account-nya,, termasuk salinan paten. Yairus Larson dihubungi ATMmachine.com dan, meskipun ia tidak menemukan ATM, dia mengembangkan pertama "on-line" ATM.
Karena paten pada ATM tidak pernah diterapkan untuk sampai bertahun-tahun setelah Mr Simjian, kebingungan pada penemu masih ada. Salah satu alasan untuk kebingungan adalah bahwa John Shepherd-Barron tinggal di Inggris dan James Goodfellow di Skotlandia. Sementara yang lainnya tinggal di Amerika Serikat. Saya akan menyajikan semua fakta dan bukti yang saya tahu itu di halaman ini, sementara yang singkat.

1.      Luther  George Simjian
Pada tahun 1930-an, Luther George Simjian mulai membangun versi sebelumnya dan tidak begitu sukses ATM. Dia mendaftarkan paten terkait. Dia awalnya datang dengan gagasan untuk menciptakan sebuah "hole-in-the-wall-mesin." Ini akan memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan, tanpa memasuki bank. Ide ini bertemu dengan banyak keraguan. Mulai tahun 1939, Simjian mendaftarkan 20 paten yang berkaitan dengan perangkat dan membujuk apa yang sekarang Citicorp untuk memberikan pengadilan. Setelah enam bulan, bank melaporkan bahwa ada permintaan sedikit.

2.      John Shepherd-Barron
John Shepherd-Barron punya ide di tahun 1960-an untuk dispenser 24/7 tunai. Dia adalah managing director dari De La Rue Instruments. De La Rue hari memproduksi dispenser uang tunai. Ada De La Rue cash dispenser pada 1 dari setiap 5 mesin ATM yang dibangun. Jika Anda ingin mengatakan bahwa Shepherd-Barron menemukan ATM, maka ATM pertama di dunia yang dipasang di luar London Utara. Itu dipasang di cabang Bank Barclays pada tahun 1967. Belakangan tahun itu, Shepherd-Barron disajikan ide untuk konferensi. Konferensi ini terdiri dari 2.000 bankir AS di Miami, ini adalah setelah ATM pertama telah dipasang di Inggris. Dia berbicara kepada konferensi tentang perangkat self-layanan perbankan baru yang dikembangkan. Pada tanggal 31 Desember 2004, John Shepherd-Barron, bernama OBE, Officer Pesanan dari Kerajaan Inggris oleh Ratu. Itu untuk "layanan perbankan." Shepherd Barron mengatakan: "Itu agak terlambat, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali." Siaran pers menyatakan bahwa Shepherd-Barron adalah Penemu ATM. John Shepherd-Barron meninggal, pada bulan Mei 2010, di Skotlandia.

3.      James Goodfellow
Sebagai seorang insinyur Pengembangan dengan Smiths Industries Ltd, James Goodfellow diberi proyek. Itu untuk mengembangkan dispenser kas otomatis pada tahun 1965. Chubb Lock & Aman Co adalah untuk menyediakan perumahan fisik aman. Mereka juga mengembangkan mekanisme dispenser mekanik. Mr Goodfellow merancang sistem baru. Ini terdiri dari kartu mesin yang dapat dibaca dienkripsi, dan mesin yang membacanya. Untuk ini ia menambahkan keypad numerik. Inggris Paten No.1, 197.183 dengan tanggal prioritas tanggal 2 Mei 1966, meliputi penemuan ini. Hal ini juga ditutupi oleh US Patent No.3, 905.461 dan Paten yang diberikan oleh banyak negara lain.Paten ini daftar James Goodfellow sebagai penemu, bersama dengan AIODavies akhir, General Manager perusahaan. Ini Paten AS masih menggambarkan fungsi ATM dasar hampir 40 tahun kemudian. Mesin ini dipasarkan oleh Chubb LTD. Mereka dipasang secara nasional di Inggris selama akhir tahun 60an dan awal 70-an

4.      Don Wetzel
Pada tahun 1968, menurut sebuah wawancara NMAH, Don Wetzel, mengatakan ia adalah Wakil Presiden Perencanaan Produk di Docutel. Perusahaan yang mengembangkan otomatis bagasi-penanganan peralatan. Dia mengajukan permohonan paten pada mesin ATM. Dia mengatakan ada dua penemu lain yang tercantum pada paten. Mereka adalah Tom Barnes, seorang insinyur mekanik. George Chastain, seorang insinyur listrik. Butuh waktu lima juta dolar untuk mengembangkan ATM mereka menurut Mr Wetzel. Jika Anda ingin mengatakan bahwa Wetzel dan perusahaan menemukan ATM, maka Anda mungkin ingin membaca paragraf berikutnya.

5.      John D. Putih
John D. Putih mengatakan ATMmachine.com bahwa karyanya dimulai pada tahun 1968. Dia mengatakan kepada kami bahwa ia menginstal ATM pertama di Rockville Center, LI untuk Chemical Bank kemudian pada bulan Agustus 1973. Desain nya dipatenkan pada tanggal 9 Mei 1973 untuk Corporation Docutel dan diajukan pada tanggal 29 Juli 1970. Mesin adalah "Kartu Kredit Mata Uang Dispenser Otomatis". Mr White disediakan salinan paten untuk ATMmachine.com. Kami terakhir mereka. Memang memang menyatakan bahwa penemu mesin itu John D. Putih dan Kenneth Goldstein. Para penerima hak paten itu Corporation Docutel. Ini adalah bukti yang sangat meyakinkan.Tampaknya itu Putih dan tidak Wetzel yang menerima hak paten. Ada juga pernyataan dalam paten yang mendukung gagasan ATM modern.

6.      Yairus Larson
Yairus Larson mengatakan ATMmachine.com ia tidak menemukan ATM. Tapi, sejauh yang dia tahu, dia mengembangkan yang pertama ATM 'on-line'. Ini akan menjadi Diebold itu "550". ATM pertama adalah versi semua 'off-line' (disebut di masa lalu sebagai 'berdiri sendiri'). Berarti mereka tidak memiliki sarana untuk berkomunikasi dengan jaringan bank. Hari ini ATM "on-line". On-line dalam arti bahwa mereka berkomunikasi dengan sistem komputer bank. Mr Larson cukup baik untuk memberi kita pandangannya tentang bagaimana hal ini terjadi di tahun 1970-an. [3]

C.   Sejarah Anjungan Tunai Mandiri
ATM pertama, atau mesin teller otomatis, diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1939 oleh Luther Simjian. Model ini merupakan prototipe berhasil, tetapi memimpin jalan ke ATM modern pertama, dibuat oleh James Goodfellow pada tahun 1966. Karena kemampuan untuk terhubung ke bank melalui komputer belum tersedia, akses ke mesin ini hanya diberikan kepada nasabah bank pilih beberapa. ATM pertama yang menggunakan kartu dengan strip magnetik dipatenkan pada tahun 1977. Meskipun mesin ini ada awal, itu tidak sampai akhir 1980-an yang menjadi lumrah dalam ATM perbankan modern.[4]

D.   Keuntungan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Keuntungan utama menggunakan ATM adalah kenyataan bahwa Anda dapat memiliki akses ke uang tunai di rekening bank Anda setiap kali Anda membutuhkannya. Jika, misalnya, Anda berada di sebuah toko yang tidak mengambil cek atau kartu kredit tetapi memiliki ATM, Anda dapat menarik uang untuk pembelian Anda. Ini juga berarti Anda dapat melakukan perjalanan di mana saja tanpa uang tunai. Jika lokasi memiliki ATM dan Anda memiliki kartu ATM Anda, Anda dapat mengakses uang Anda langsung.
1.      ATM menyediakan layanan 24 jam
ATM menyediakan layanan putaran jam. Pelanggan dapat menarik uang tunai upto batas tertentu selama setiap saat, siang atau malam.
2.      ATM memberikan kemudahan bagi nasabah bank
ATM memberikan kemudahan kepada pelanggan. Sekarang-a-hari, ATM yang terletak di tempat yang nyaman, seperti di pelabuhan udara, stasiun kereta api, dll dan belum tentu di tempat Bank. Perlu dicatat bahwa ATM dipasang off-site. (Jauh dari tempat bank) serta di situs (diinstal dalam lokasi bank). ATM menyediakan mobilitas dalam layanan perbankan bagi penarikan.

3.      ATM mengurangi beban kerja staf bank.
ATM mengurangi tekanan kerja staf bank dan menghindari antrian di tempat bank.
4.      ATM menyediakan layanan tanpa kesalahan
ATM menyediakan layanan tanpa kesalahan. Pelanggan dapat memperoleh jumlah yang tepat. Tidak ada kesalahan manusia sejauh ATM yang bersangkutan.
5.      ATM sangat bermanfaat bagi wisatawan
ATM adalah bantuan besar untuk wisatawan. Mereka tidak perlu membawa sejumlah besar uang tunai dengan mereka. Mereka dapat menarik uang tunai dari setiap kota atau negara, di seluruh negeri dan bahkan dari luar negeri dengan bantuan ATM.
6.      ATM dapat memberikan pelanggan catatan mata uang baru
Pelanggan juga mendapatkan catatan merek mata uang baru dari ATM.Dengan kata lain, pelanggan tidak mendapatkan catatan kotor dari ATM.
7.      ATM menyediakan privasi dalam transaksi perbankan
8.      Manfaat untuk Bisnis
Ketika konsumen menggunakan kartu ATM untuk membayar pembelian, dana yang disimpan dengan cepat ke rekening bisnis. Dalam sesedikit 48 jam, bisnis akan memiliki akses ke uang dari ATM transaksi kartu. Cek dapat memakan waktu hingga tujuh hari untuk membersihkan, menempatkan terus pada dana diakses. Pemilik usaha membayar untuk menawarkan kenyamanan transaksi kartu kredit untuk pelanggan mereka. Untuk setiap transaksi, persentase kecil yang dibayarkan kepada perusahaan kartu kredit sebagai biaya kenyamanan.Transaksi kartu ATM adalah win-win untuk kedua bisnis yang menerima kartu ATM dan konsumen. Ketika konsumen membayar pengecer dengan kartu ATM, pemilik bisnis tidak perlu membayar biaya. Dan, konsumen tidak perlu membayar bunga atau biaya tahunan ketika menggunakan kartu ATM, seperti mereka akan dengan menggunakan kartu kredit.
9.      Manfaat untuk Perjalanan
Ketika Anda mencoba untuk berkemas cahaya, meninggalkan buku cek dan tumpukan uang kertas di rumah. Satu kartu ATM yang sederhana dapat membayar pembelian dengan dana langsung ditarik dari rekening Anda. Kartu kecil sederhana untuk diselipkan dalam tas kecil atau di saku nyaman. Ketika kas diperlukan, mendapatkan nilai tukar yang lebih baik di luar negeri dengan menggunakan kartu ATM. Mesin ATM asing menawarkan pengguna akses ke nilai tukar grosir, yang sering lebih murah daripada membayar biaya layanan ketika bertukar uang tunai atau cek perjalanan di bank asing atau kantor pertukaran mata uang.
10.  Dapat digunakan sebagai kartu debit (Maestro).
11.  Bebas dari antrian yang panjang.
12.  Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur administrasi.
13.  Selain menarik uang tunai juga dapat melihat saldo dan melakukan pemindahbukuan.
14.   Lebih gampang dicapai karena mesin ATM tersedia di berbagai lokasi strategis.
15.  Inquiry (Informasi) Saldo
16.  Pembelian Voucher Isi Ulang
17.  Pemindahbukuan
18.  Pembayaran Kartu Kredit
19.  Pembayaran Telepon (Telkom dan Telepon Seluler)
20.  Pembayaran PAM
21.  Pembelian Tiket Pesawat


E.   Kekurangan Anjungan Tunai Mandiri
Terlepas dari apa departemen periklanan ingin satu untuk percaya Visa tidak diakui hampir di mana-mana, tidak adalah American Express, MasterCard atau bahkan setiap jenis kartu lainnya. Anda mungkin harus berburu di sekitar untuk setiap mesin yang membutuhkan kartu asing dan Anda dapat memaksimalkan peluang Anda dengan membawa kartu dari beberapa perusahaan. Maestro / Cirrus sangat baik dan bersama dengan Visa harus menjaga Anda tertutup. Amex tidak begitu diterima secara luas, tetapi benar-benar cadangan berguna karena menawarkan akses ke kantor mereka di seluruh dunia yang dapat menyediakan uang tunai dan bantuan lainnya pada saat membutuhkan.
Ada penipuan di luar negeri hanya karena ada di rumah dan itu semua juga sederhana untuk memiliki kartu Anda digunakan dan digunakan untuk pembelian produk atau menarik uang, yang dapat merusak liburan Anda. Anda tidak bertanggung jawab untuk akuisisi ini atau penarikan selama Anda melaporkannya kepada perusahaan keuangan Anda pada waktu yang tepat, tetapi tidak selalu mudah untuk mendapatkan kontak dengan perusahaan Anda ketika Anda berada dalam sebuah bangsa yang berbahaya dan ada perbedaan waktu .
Terus-menerus menyadari di mana Anda berada dan memilih ATM yang terletak melekat pada atau dalam dari bank. Mencoba untuk melindungi jumlah pin Anda dan jika Anda merasa tidak nyaman mendapatkan mesin, hanya berjalan pergi.
Sebuah perangkat ATM dapat memilih untuk menyimpan kartu Anda, yang telah terjadi kepada kami sebelum. Tidak ada solusi hanya karena mimpi buruk ini. Anda kartu hilang dan juga Anda tidak akan mendapatkannya kembali. Bank dapat memberikan Anda dengan sebuah cerita tentang bank Anda di rumah memberitahu mereka untuk mengambil kartu yang tidak mungkin menjadi kenyataan. Itulah sedikit kenyamanan untuk Anda tetap ketika Anda duduk di sana dengan tidak ada kartu ATM.Karena alasan ini, kami selalu membawa dua kartu dengan kami.
Itu salah satu sedikit keselamatan Anda mampu membelinya sendiri. Dengan cara tidak hanya memiliki satu menandakan memperoleh uang. Anda harus membawa minimal $ 100 dilipat kecil dalam dompet Anda ditambah peringkat kartu kredit dari beberapa macam. Dengan kata lain memiliki rencana cadangan, tidak menjaga diri rentan atau cashless.
Biaya adalah 1 dari kontra terbesar memanfaatkan kartu ATM Anda di luar negeri. Anda akan membayar biaya dalam banyak kasus tidak hanya untuk bank tetapi terhadap bank tuan rumah.Cobalah untuk mengambil uang yang cukup pada setiap penarikan untuk membuat Anda secara tunai untuk setidaknya beberapa hari, hal ini dapat memungkinkan Anda untuk menjaga biaya Anda ke beberapa minimal telanjang.
Jika Anda mengandalkan ATM untuk mempertahankan Anda berikan kartu hilang bisa mengeja bencana. Penyedia kartu paling utama memiliki beberapa bentuk bantuan darurat didapat tapi bisa mendapatkan waktu untuk penggantian untuk tiba.
Jauhkan kartu Anda dan uang tunai di tempat terpisah sehingga hilangnya 1 bukanlah hilangnya semua. Menjaga penerbit kartu nomor hotline dengan Anda juga, semakin cepat Anda dapat membatalkannya dalam rangka mengurangi kesempatan itu dimanfaatkan mendapatkan curang dan cepat pengganti bisa berada di jalan.
Akhirnya membawa beberapa dana darurat hanya dalam situasi semuanya berjalan salah. Beberapa US $ 100 tagihan dapat pergi panjang dan bangun ruang yang sangat kecil. Ini mungkin mendapatkan beberapa mencoba untuk menemukan seseorang yang bersedia untuk bertukar mereka tetapi mereka benar-benar bisa menghemat perjalanan Anda.
Tahu bahwa tidak semua mesin ATM akan menerima kartu ATM sembarang. Jaringan perbankan menghubungkan hanya ke jaringan tertentu dan ini bukan sebuah jaringan universal, bank Anda mungkin tidak terakreditasi untuk satu jaringan dibandingkan dengan orang lain. Anda dapat mencari secara online ke web dari logo yang kartu ATM Anda hadir untuk Anda, itu baik di belakang kartu atau di depan, atau Anda dapat memberikan panggilan ke nomor bebas pulsa dari kartu ATM Anda untuk verifikasi ke alamat dari mesin ATM yang menerima kartu Anda. Ini adalah praktek bijaksana untuk melakukan hal-hal awal ketika Anda baru saja akan meninggalkan negara Anda.
Harus menggunakan kartu ATM Anda pasti dapat menghemat waktu besar dan aman menghemat uang, juga menggunakannya mudah dan dengan sedikit kerepotan membuatnya sangat menguntungkan saat bepergian ke luar negeri. Saran terakhir adalah memiliki segalanya terakhir, seperti kebijakan bank Anda dan pedoman lain untuk menghindari sakit kepala atau cegukan pada liburan Anda seharusnya bahagia.


F.    Penanganan Keluhan (Complain) Nasabah menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Adakalanya ketika terjadi suatu masalah bagi nasabah maka mereka akan melakukan suatu komplain dengan menyampaikan keluhan kepada bank. Maka dari itu sebagai bank yang baik harus bisa melakukan pelayanan komplain tersebut, ini berarti menunjukkan kualitas pelayanan atau responsiveness dalam upaya membantu nasabah menghadapi masalah. Salah satu masalah yang dihadapi nasabah yaitu pada saat bertransaksi dengan mesin ATM. Banyak ditemukan masalah oleh nasabah ketika menemukan

Anjungan Tunai Mandiri yang dikatakan tidak bisa digunakan atau  offline,  penyebab mesin
ATM offline yaitu :
1.      Reject Full atau kotak reject penuh bisa disebabkan karena terlalu banyak
uang yang ter-reject di dalam Purge Bin (tempat penyimpanan uang rusak
atau lengket).
2.      Cash Handler Error atau Pengolahan uang bermasalah disebabkan adanya masalah pada modul Dispenser (alat pengolahan jumlah uang), adanya uang yang menyangkut atau ada bagian dari modul Dispenser yang rusak.
3.      Printer Faulted adalah masalah pada bagian printer di dalam ATM yang meyebabkan struk transaksi tidak tercetak, dalam hal ini ATM masih dapat bekerja.
4.      MCRW  (Magnetic Card Read Write)  Faulted, atau alat pembaca kartu bermasalah merupakan masalah pada modul pembaca kartu nasabah, yang bisa disebabkan dari kartunya atau dari alat pembaca MCRW.
5.      Communication Down, atau jaringan lemah merupakan masalah yang disebabkan karena terputusnya koneksi di ATM, yang bisa disebabkan dari Card Communication pada ATM serta dari HOST (jaringan internet pusat ATM).
6.      Mesin ATM Kotor Sensor tidak Bekerja Optimal,  biasanya secara rutin dari pihak vendor ( pihak ke-3  penyedia mesin) akan melakukan maintenance rutin terhadap ATM, sehingga seluruh system, sensor dan jaringan yang ada di mesin ATM dapat bekerja dengan baik.

Ada beberapa masalah-masalah lain yang dihadapi nasabah ketika  menggunakan ATM antara lain, Yaitu :
1.      Kartu ATM sangkut, dimana kartu ATM nasabah tidak bisa keluar dari mesin, maka nasabah harus melakukan laporan kepada pihak bank penyedia ATM agar segera menindak lanjuti masalah tersebut.
2.      Uang yang keluar tidak sesuai dengan yang di inginkan atau tidak keluar sama sekali, dan tidak sesuai dengan laporan uang yang ditampilkan. Ketika nasabah mengambil uang dan ternyata terdapat perbedaan dengan laporannya, nasabah bisa segera mengkomplain kepada bank pihak penyedia ATM.
3.      Nomor  pin yang salah dimasuki, apabila nasabah salah memasuki pin sebanyak 3 (tiga) kali, maka kartu  ATMnya akan diblokir, nasabah dapat mengulangi memasuki nomor pin setelah 1 x 24jam setelah terjadi kesalahan pemasukan nomor sebelumnya. Apabila nasabah lupa dengan  nomor pinnya, maka nasabah bisa menghubungi bank untuk meminta kembali nomor  pinnya disertai bukti-bukti yang benar. Pada bank setiap, diberikan jasa layanan untuk membantu nasabah dalam menghadapi masalah pada ATM, nasabah

G.  Cara kerja Anjungan Tunai Mandiri
Penggunaan ATM oleh nasabah dimungkinkan dengan adanya Kartu ATM. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin ATM, maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader hanya sebagai pembaca dan penerima data. Setelah dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank. Karena fungsinya hanya sebagai penerima data maka magnetic card reader tidak memiliki memori yang bisa menyimpan data nasabah.
Data yang Diacak Saat mesin berhasil membaca data dalam Kartu ATM tersebut, maka mesin akan meminta data PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan harus di-input oleh nasabah. Kemudian setelah PIN dimasukkan, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi bank bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data yang dikirim tidak bisa terbaca oleh pihak lain.
PIN yang sudah diacak berikut isi data dari kartu akan dikirim langsung ke sistem komputer bank untuk diverifikasi. Setelah data selesai diproses di sistem komputer bank, maka data akan dikirim kembali ke ATM. Nasabah akan dapatkan apa yang yang dimintanya di ATM.
Perlu nasabah ketahui bahwa mesin ATM tidak menyimpan data nasabah maupun PIN nasabah. Ini karena prinsip kerja mesin ATM hanya menyampaikan pesan (pass through request) nasabah ke sistem komputer bank bersangkutan.

H.  Pentingnya Kartu ATM dan PIN
Karena cara kerja ATM seperti tersebut di atas, maka ada dua hal yang sangat penting untuk dijaga agar transaksi nasabah di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini seperti gembok pintu dan anak kuncinya. Satu dengan lainnya saling berhubungan erat.
Sebab itu pula, untuk menjaga keamanan, jangan pinjamkan Kartu ATM kepada orang lain untuk kepentingan apapun. Simpanlah Kartu ATM pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain.
Sedangkan untuk PIN, beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh nasabah dalam menjaga kerahasiaannya adalah:
1.      Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain Sedapat mungkin jangan sampai ada yang lihat saat kita meng-input PIN
2.      Ganti PIN secara berkala
3.      PIN jangan sesuatu yang mudah ditebak, misalnya tanggal lahir
4.      Jangan menyimpan surat pemberitahuan PIN dari bank di dalam dompet
5.      Jangan mencatat PIN dan menyimpannya dalam dompet
6.      PIN menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari pemilik rekening PIN ini bersifat sangat pribadi, untuk itu artinya hanya diketahui oleh pemiliknya saja. Dengan menjaga kerahasiaan PIN maka nasabah menjaga keamanan rekeningnya sendiri.[5]




BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
ATM pertama, atau mesin teller otomatis, diciptakan dan dipatenkan pada tahun 1939 oleh Luther Simjian. Model ini merupakan prototipe berhasil, tetapi memimpin jalan ke ATM modern pertama, dibuat oleh James Goodfellow pada tahun 1966. Karena kemampuan untuk terhubung ke bank melalui komputer belum tersedia, akses ke mesin ini hanya diberikan kepada nasabah bank pilih beberapa. ATM pertama yang menggunakan kartu dengan strip magnetik dipatenkan pada tahun 1977. Meskipun mesin ini ada awal, itu tidak sampai akhir 1980-an yang menjadi lumrah dalam ATM perbankan modern.

Keuntungan
Keuntungan utama menggunakan ATM adalah kenyataan bahwa Anda dapat memiliki akses ke uang tunai di rekening bank Anda setiap kali Anda membutuhkannya. Jika, misalnya, Anda berada di sebuah toko yang tidak mengambil cek atau kartu kredit tetapi memiliki ATM, Anda dapat menarik uang untuk pembelian Anda. Ini juga berarti Anda dapat melakukan perjalanan di mana saja tanpa uang tunai. Jika lokasi memiliki ATM dan Anda memiliki kartu ATM Anda, Anda dapat mengakses uang Anda langsung.

B.   Kitikan dan Saran
Tugas ini yang ditulis oleh pemakalah bahwa jauh dari kesempurnaan, karena keterbatasan referensi, yang terutama minimnya ilmu yang dimiliki oleh penulis, maka dari itu penulis meminta ktirikan dan saran kepada peserta diskusi dan dosen pembimbing yang bersifat membangun.



DAFTAR KEPUSTAKAAN


Ricojacson, Pengertian Atm/Anjungan Tunai Mandiri (Tulisan Softskill
-debit/, (diakses, 2/10,2012)
Nicole Harms, eHow Contributor, Keuntungan Menggunakan ATM, d.wikipedia.org, blog.unila.ac.id,
 (diakses, 3/10, 2012)
PanamaProcessingSolutionwww.credicorpbank.com Credicorp Bank Contact us: 507-210111


[1]Ricojacson, Pengertian Atm/Anjungan Tunai Mandiri (Tulisan Softskill Terapan Komputer Perbankan), http://ricojacson.wordpress.com/2011/06/01/pengertian-atm-anjungan-tunai-mandiri-tulisan-softskill-terapan-komputer-perbankan/, (diakses, 2/10, 2012)
[3]Anthony Miller, Penemu ATM, http://ridwanaz.com/umum/pengertian-kartu-atm-dan-kartu-debit/, (diakses, 2/10,2012)
[4]Nicole Harms, eHow Contributor, Keuntungan Menggunakan ATM, d.wikipedia.org, blog.unila.ac.id, (diakses, 3/10, 2012)
[5]PanamaProcessingSolutionwww.credicorpbank.com Credicorp Bank Contact us: 507-210111

1 komentar: